Mohon tunggu...
Nuraeni_XII MIPA 4
Nuraeni_XII MIPA 4 Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Hujan

just for tugas indo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Empat Siswa SMP Depok Terseret Arus Sungai di Cisarua

14 Oktober 2022   09:15 Diperbarui: 14 Oktober 2022   09:18 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Nuraeni
Kelas  : XII MIPA 4
Membuat Teks Editorial/Berita

Pengenalan Isu : Empat Siswa SMP Depok terseret arus sungai di Cisarua, tiga Meninggal Dunia dan satu lainnya masih dalam Pencarian

Argumentasi : Sungai Cimandala yang berada di Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua puncak, kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Rabu sore hingga petang meluap dengan aliran sungai yang cukup deras setelah hujan menguyur kawasan tersebut.
Rombongan siswa siswi SMP IT Alhikmah Kota Depok yang tengah melakukan kegiatan pun terbawa arus sungai Ciamandala, empat orang siswa siswi pun hanyut terbawa air sungai.
Kapolres Bogor AKBP Iman Imanudin mengatakan pihaknya menerima laporan pada pukul 18.00 WIB bahwa kegiatan anak siswa sekolah menengah pertama di wilayah Depok yang sedang melakukan kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK) di Cisarua, Megamendung kabupaten Bogor terbawa arus yang berada di sungai ciliwung.
"Kami bersama timsar dan warga mencari korban terbawa, dari 4 orang terbawa arus 3 telah ditemukandan berada di RSUD Ciawi," tutur Iman Imanudin Kamis, 13 Oktober 2022.

Hujan deras yang sering mengguyur akhir-akhir ini menyebabkan banyak peristiwa seperti banjir, angin kencang yang merobohkan pohon, termasuk melupnya aliran sungai deras yang menghanyutkan empat orang Siswa.

Penegasan : Pentingnya pengawasan yang ketat dari guru pendamping untuk lebih memperhatikan para muridnya agar terhindar dari hal-hal seperti ini. Selain penting nya pengawasan dari guru, para murid pun sudah seharusnya berhati-hati ketika melakukan kegiatan di dekat sungai mengingat debit air yang naik karena hujan deras yang sering turun akhir-akhir ini. Masyarakat juga seharusnya ikut serta dalam peristiwa ini. Sebaiknya masyarakat selalu membuang sampah ke tempat nya, bukan dibuang sembarangan begitu saja ke sungai agar debit air disungai tidak tambah meluap. Tetapi bila itu memang merupakan sebuah takdir dari Tuhan, kita hanya perlu berusaha untuk mengubah takdir buruk yang akan menimpa kita tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun