Mohon tunggu...
Eni Cahya Wijayati
Eni Cahya Wijayati Mohon Tunggu... Guru - Kepala sekolah UPT Satuan Pendidikan SDN Kedwaungkulon II Grati

Guru Penggerak Angkatan ke-7 Kabupaten Pasuruan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lokakarya 3 CGP Angkatan 7 Kabupaten Pasuruan

11 Maret 2023   20:00 Diperbarui: 11 Maret 2023   20:02 1090
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Pendidikan Guru Penggerak merupakan program pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpihak pada murid serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila yang dimaksud yaitu Beriman dan Bertaqwa pada Tuhan YME, Berakhlak Mulia, Berkebhinnekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Kreatif, dan Bernalar Kritis. 

Lokakarya 3 dilaksanakan hari Sabtu, 11 Maret 2023 bertempat di SMKN Bangil dengan mengambil tema "Peran Pemimpin Dalam Pembelajaran" dengan tujuan  mencetak Calon Guru Penggerak yang mampu mendemonstrasikan pemahaman mengenai pembelajaran berdiferensiasi, maindfulness dan penerapan 5 kompetensi sosial emosional (KSE) dalam praktik mengajar, serta perencanaan strategi berbagi praktek baik. Agenda Lokakarya 3 yaitu; pembukaan, simulasi pembelajaran berdiferensiasi, praktik kesadaran penuh (mainfulness), praktik integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam rencana pembelajaran, membuat rencana berbagi pengalaman belajar konsep berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional, dan terakhir penutup.

Seperti biasa pada waktu pembukaan perkenalan dengan pengajar praktik. Kebetulan penulis di kelas Pasuruan 1 dengan 3 (tiga) pengajar praktik yaitu ibu Arifa Kurnia, S. Ag, M. PdI, ibu Elly Fatimah, S. Pd, dan pak Baju  Sigit Witjaksono, S. Pd dan 16 Calon Guru Penggerak. Setelah perkenalan dengan pengajar praktik dilanjutkan perkenalan dengan sesama CGP dengan ice breaking. 

Pada sesi simulasi pembelajaran berdiferensiasi kami mempraktekkan RPP berdiferensiasi yang sudah diunggah di LMS. Kebetulan penulis yang mendapat kesempatan untuk mempraktekkan di kelas. Kegiatan berlangsung dengan serius, santai, menyenangkan dan manfaat. Interaksi antara murid dengan guru sangat alami. Selesai simulasi dilanjutkan dengan penyampaian hasil observasi dari CGP yang mendapatkan tugas sebagai observer.

Kegiatan selanjutnya yaitu praktik kesadaran penuh (mainfulness). Pengajar praktik memberikan penjelasan sesi praktik mainfulness kepada CGP. Pertama dengan latihan tekhnik STOP berhenti, amati napas, amati perasaan, pikiran dan lanjutkan kembali aktivitas. Berikutnya latihan mendengar dengan sadar, dan terakhir latihan melihat dengan sadar. Pada sesi ini pengajar praktik memfasilitasi CGP dengan menyampaikan amati pikiran dan perasaan anda, sebelum melakukan, saat melakukan (apakah mudah kehilangan fokus) dan sesudah melakukan latihan. Semua itu ditulis di stiky note kemudian ditempelkan di kertas plano yang sudah ada.

Sesi setelah ishoma yaitu praktik integrasi kompetensi sosial emosional dalam rencana pembelajaran. CGP mendemonstrasikan pemahamannya tentang integrasi kompetensi sosial emosional ke dalam rencana pembelajaran. Kelas dibagi menjadi 3 kelompok, kemudian berdiskusi memilih satu RPP untuk dimasukkan kompetensi sosial emosional. Kemudian CGP melakukan simulasikannya di kelas. Seperti biasa ada yang menjadi observer.  

Terakhir yaitu strategi berbagi hasil pembelajaran. CGP membuat strategi berbagi dengan rekan sejawat di sekolahnya tentang ilmu yang didapatkan selama mengikuti Pendidikan Program Guru Penggerak. 

Kami berdiskusi dalam kelompok dan kemudian menyampaikan hasil diskusinya. Hasil diskusi dan presentasi dari masing-masing kelompok  yaitu; 1) menyampaikan kepada kepala sekolah tentang hasil pendidikan program guru penggerak, 2) diseminasi kepada rekan sejawat, 3) kolaborasi menyusun modul ajar, 4) melaksanakan dalam pembelajaran dan meminta rekan sejawat untuk menjadi observer, 5) melaksanakan refleksi, evaluasi, dan menyusun rencana tindak lanjut, dan 6) publikasi kegiatan yang sudah dilakukan.

Tidak terasa kegiatan dalam Lokakarya 3 sudah berakhir, CGP melakukan refleksi pembelajaran atas lokakarya hari ini. Pengajar praktik memberikan pertanyaan yaitu; 1) bagaimana perasaan bapak/ibu setelah mengikuti lokakarya 3 ini?, 2) apa yang telah bapak/ibu pelajari disesi lokakarya hari ini?, 3) bagaimana bapak/ibu menerapkan pembelajaran tersebut di sekolah bapak/ibu bertugas? CGP menuliskan jawaban di stiky note dan menempelkan di kertas plano. 

Rentetan kegiatan lokakarya 3 sukses dilaksanakan. Semua merasakan kegembiraan, tidak ada wajah yang cemberut, semua bahagia. Sampai bertemu lagi di Lokakarya 4 yang akan dilaksanakan tanggal 8 April 2023. Guru Penggerak Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan. Sayonara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun