Mohon tunggu...
Endro S Efendi
Endro S Efendi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Trainer Teknologi Pikiran

Intens mendalami hipnoterapi berbasis teknologi pikiran untuk membantu kualitas hidup manusia pada aspek mental, emosi, dan spiritual. Sehari-hari, aktif sebagai penulis dan hipnoterapis klinis, juga sebagai pembicara publik. Aktif menulis artikel di blog pribadi www.endrosefendi.com Juga aktif membuat konten video di https://www.youtube.com/user/endroeffendi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Mengenal Apoteker Muda, Apa Saja Kegiatannya?

29 Juni 2021   18:46 Diperbarui: 29 Juni 2021   19:21 150 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Apoteker Muda, Apa Saja Kegiatannya?
Bakti Sosial, bertepatan dengan HUT ke 66 IAI, foto dok: IAI Kaltim

SAMARINDA -- Indonesian Young Pharmacist Group (IYPG) Pengurus Daerah (PD) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kaltim, tak mau ketinggalan merayakan hari jadi ke-66 dari organisasi profesi ini, yang diperingati setiap 18 Juni. Berbagai kegiatan dilakukan pada peringatan hari jadi ini, bahkan diikuti juga pengurus cabang IAI dari berbagai kabupaten dan kota di Kaltim.  

Ketua Indonesian Young Pharmacist Group (IYPG) PD IAI Kaltim apt Trianti T. Lamba', S.Farm menyampaikan, peringatan ulang tahun dirangkai gathering alias jumpa virtual para apoteker muda yang tergabung dalam IYPG, sebuah himpunan apoteker muda resmi berada di bawah PD IAI Kaltim.

Ketua Panitia apt. Andy Wahyudi, S.Farm menambahkan, untuk peringatan hari jadi, diawali dengan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Pharmacare Society, "Apoteker Selalu Terpercaya untuk Kesehatan Anda", dilaksanakan sejak 20 hingga 26 Juni 2021. Selain dilaksanakan para pengurus IAI, juga diikuti para apoteker muda di masing-masing daerah.

Cabang Penajam Paser Utara (PPU) misalnya, menggelar edukasi, pembagian leaflet disertai pembagian masker di alun-alun depan komplek perkantoran Pemkab PPU. Hal yang sama juga dilakukan cabang Paser dengan edukasi dan pembagian leaflet di Hutan Kota Tana Paser dan beberapa apotek.

Sementara di Balikpapan, dilakukan edukasi dan pembagian leaflet di Kelurahan Damai, didampingi Lurah Damai dan perangkat RT di kelurahan tersebut. Untuk Mahulu, edukasi dan pembagian leaflet diberikan kepada masyarakat yang akan menerima vaksinasi.

Selanjutnya di Berau, selain edukasi dan pembagian leaflet, juga dilakukan bakti sosial di Posyandu RT 1 Bujangga, Kelurahan Sei Bedungun. Sedangkan di Kutai Timur, edukasi dan pembagian leaflet diadakan di apotek dan komunitas OMK Santo Yosep, Sangatta, Kutai Timur.

Terakhir, di Samarinda, selain edukasi dan pembagian leaflet, juga ditambah aksi bakti sosial di rumah singgah pasien tidak mampu Icare dan rumah tahsin binaan untuk anak mantan pengguna obat-obatan.

Rangkaian aksi sosial itu ditutup dengan Gathering IYPG, Minggu, 27 Juni 2021 melalui media zoom bertema "Care, Solid & Integrated". Kegiatan dibuka Ketua PD IAI Kaltim apt. Drs. Muh. Nasruddin. Selain itu diikuti Dewan Pengawas IAI Kaltim,  MEDAI IAI Kaltim, PD IAI kaltim, Badan Pengurus Harian PP IYPG, Pengurus Cabang IAI Se-Kaltim, juga pengurus himpunan seminat dan anggota IYPG PD IAI Kaltim.

Dalam gathering ini, diadakan diskusi panel dengan beberapa topik yakni Get Closer about IYPG dibawakan apt. Trianti T. Lamba', S.Farm yang juga ketua IYPG PD IAI Kaltim. Ada pula Peran & Kontribusi IYPG serta Keintegrasian dengan IAI disampaikan apt. Arsyk Ibrahim, S.Si, M.Si selaku sekretaris PD IAI Kaltim.

Diskusi lain, Peran Apoteker Muda Dalam Rumah Besar Apoteker Indonesia & Dalam Meningkatkan Eksistensi Profesi Apoteker dibawakan apt. Mohd. Faizal, MPMM yang juga ketua DEWAS IAI Kaltim.

Disusul Kode Etik Apoteker & Implementasi Pada Praktik Kefarmasian dibawakan apt. Supomo, S.Si, M.Si sebagai sekretaris MEDAI IAI Kaltim, dan Sharing Local Heroes dari apt. Alyssa Viorety, S.Farm sebagai pemenang Local Heroes periode Mei 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x