Mohon tunggu...
Endrico Maelro Torong
Endrico Maelro Torong Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Belajar dengan Teknologi

16 Desember 2020   19:32 Diperbarui: 16 Desember 2020   19:35 124 4 0 Mohon Tunggu...

Pembelejaran jarak jauh adalah hal yang baru bagi kita masyarakat Indonesia. Sistem ini baru saja digunakan pada saat pandemi Covid-19 ini menyerang yang membuat kita tidak lagi dapat belajar di kelas atau luring. Pada penerapannya, sistem ini sangat mengagetkan para siswa dan mahasiswa di Indonesia karena mareka belum terbiasa. 

Banyak yang mengeluh, banyak juga yang yang senang dan ingin terus pembelajaran jarak jauh. Sistem pembelajaran ini sangat menjadi perdebatan antara pelajar, orang tua, pengajar, dan pemerintah. Pada tulisan ini kita akan membahas sisi sisi yang mendukung serta mengkontra tentang sistem pembelajaran yang baru saja diterapkan ini.

"Kita membutuhkan teknologi di setiap kelas dan di setiap tangan siswa dan guru, karena ini adalah pena dan kertas di zaman ini, dan teknologi adalah lensa yang mebukakan besarnya dunia kita" kata seorang pakar integrasi teknologi dan kurikulum sekolah, David Warlick. Menurut seorang David Warlick, teknologi jika digunakan secara maksimal dapat berdampak besar bagi pendidikan di dunia. 

Negara negara besar seperti Finlandia, Amerika, Belanda, dan Inggris telah melibatkan teknologi kedalam kurikulum mereka. Beberapa keuntungan dapat kita terima dengan adanya sistem pembelajaran ini yaitu, banyaknya sumber informasi yang dapat kita temui di internet, membuat pelajaran lebih menarik, dan dapat mengulang penjelasan guru yang telah disampaikan.

Keuntungan pertama adalah sumber informasi yang tak terbatas. Teknologi sekarang menyediakan kita berjuta juta informasi tentang ataupun itu. Dari dalam negeri sampai luar negeri. Dengan banyaknya informasi yang tersedia, pelajar sekarang akan lebih berwawasan luas karena mereka tidak harus berfokus dengan hanya satu buku. Di internet semua bisa kita akses dan pelajari. Bahkan, sekarang banyak sekali aplikasi aplikasi pengganti kelas, seperti Quizlet. 

Cerebrum, Zenius, Ruang Guru, dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi tersebut menyediakan informasi yang dapat mereka pelajari dan pastinya sangat berguna bagi mereka dan masa depannya. Dengan adanya teknologi, referensi referensi yang disediakan semakin luas dan yang paling penting informasi informasi tersebut gratis. Hanya membutuhkan sebuah dawai dan koneksi internet yang bagus, maka anda dapat mengakses seluruh dunia internet. Pelajar sekarang juga bisa mengunduh artikel atau informasi tersebut dan dapat membukanya kapan pun dan di mana pun.

Keuntungan selanjutnya adalah teknologi dapat membuat pelajaran lebih menarik. Pada dasarnya, pelajar biasanya lebih menyukai pelajaran yang santai dan menarik. Dengan adanya teknologi kita dapat melihat foto foto secara jelas dan penjelasan penjelasan yang sangat berguna. Dalam penyediaan gambar, teknologi sekarang menyediakan gambar 3-dimensi yang menjelaskan lebih jelas dari segala sudut pandang benda yang kita lihat. 

Jika dipakai dengan maksimal, penjelasan yang diberikan pengajar akan menjadi lebih menarik karena pelajaran yang diberikan bisa dihias sedemikian rupa sehingga membuat pelajar tidak bosan serta lebih menarik perhatian. Dengan menariknya penjelasan yang diberikan, kemauan untuk belajar akan bertambah. Materi materi yang diberikan juga semakin banyak dan semakin menarik. Informasi yang didapat juga biasanya berdasarkan riset riset orang orang yang sangat ahli dalam bidangnya sehingga pelajar sekarang bisa semakin cerdas.

Keuntungan terakhir adalah dengan adanya teknologi, pelajar bisa meninjau ulang penjelasan yang diberikan. Jika dikembangkan lagi, pembelajaran jarak jauh bisa sangat efektif dan berguna. Hal ini memungkinkan pelajar yang sakit atau berhalangan tetap bisa mendapatkan materi yang disampaikan. 

Banyak pelajar lebih mudah memahami pelajaran dengan penjelasan yang diulang dibanding dengan hanya membaca buku sendiri. Terkadang pengajar menyebutkan materi materi yang tidak tertulis dalam buku sehingga informasi semakin jelas. Pengajar bisa memberikan materi yang lebih lengkap dan menambahkan materi materi yang kurang di kelas yang sebelumnya. Pengejar juga diuntungkan karena mereka bisa memberikan materi di mana pun mereka berada dan kapan pun itu.

Sekarang mari kita bahas dari sisi negatif. Sisi negatif yang kita dapat dari belajar menggunakan teknologi adalah, tingkat kemalasan meningkat. Siswa akan lebih malas untuk mencatat karena mereka merasa materi yang diberikan oleh guru sudah lengkap. Padahal jika mereka berniat untuk mencari lagi di internet, itu akan memperluas pengetahuan mereka dan dapat mengembangkan wawasan mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN