Mohon tunggu...
Endra Wahyoudee
Endra Wahyoudee Mohon Tunggu... Guru - Guru

Masih ingin terus belajar, karena belajar dapat menemukan hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Penerapan 5R pada Sekolah

25 Januari 2023   10:32 Diperbarui: 25 Januari 2023   11:03 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum Teman-teman

Kita pasti sering mendengar yang namanya Budaya 5R. Budaya 5R yaitu suatu metode yang diterapkan di suatu Perusahaan dalam kontek lingkungan kerja agar suasana kerja tetap kondusif dan efisien. Tujuan metode ini diterapkan agar lingkungan kerja tetap teratur hingga menjadi sebuah kebiasaan. Awalnya metode 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) ini berasal dari Jepang 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) yang diterapkan oleh manajemen perusahaan untuk memelihara ketertiban dan kedisiplinan dalam lokasi kerja. Dengan harapan agar kinerja karyawan dapat terus meningkat.

Banyak orang beranggapan bahwa 5R itu hanya perlu diterapkan di perusahaan bidang produksi saja. Padahal, 5R merupakan budaya yang harus diterapkan dimana pun kita berada.  Kemudian, seiring dengan berkembangnya dunia pendidikan, banyak sekolah-sekolah yang mulai menerapkan budaya 5R ini. Penerapannya cukup mudah, namun untuk menjadikan sebagai suatu  kebiasaan itulah yang membutuhkan usaha lebih dari kita.

Berikut sedikit penjelasan dari 5R :

1. Ringkas

Merupakan tindakan untuk menentukan barang yang diperlukan dengan barang yang harus disingkirkan.

2. Rapi

Merupakan tindakan merapikan barang-barang dengan menyortir atau menyusun barang sesuai dengan kategori tertentu. Merapikan barang sesuai dengan jenis, kebutuhan dan seberapa sering barang tersebut digunakan.

3. Resik

Merupakan tindakan dimana seseorang bertanggung jawab atas kebersihan ruangannya. Dengan memastikan barang-barang yang dimiliki terpelihara sehingga tidak menimbulkan kerusakan atau tidak bisa digunakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun