Mohon tunggu...
Endra Wahyoudee
Endra Wahyoudee Mohon Tunggu... Guru - Guru

Masih ingin terus belajar, karena belajar dapat menemukan hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Pilih Mana, Ban Tubless atau Ban Tubetype?

21 September 2022   08:49 Diperbarui: 21 September 2022   08:49 67 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Pilih Mana, Ban Tubless Atau Ban Tubetype

Assalamu'alaikum Teman-teman

Seperti kita ketahui bersama bahwa ban pada kendaraan merupakan komponen yang vital, dengan adanya ban, maka kendaraan bisa dikatakan utuh. Ban adalah bagian kendaraan yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan. Di dalam ban terdapat udara yang bertekanan untuk menjaga stabilitas dan performa ban. Ada beberapa fungsi ban diantaranya:

  • Ban menopang seluruh berat kendaraan termasuk beban penumpang
  • Ban bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan dan daya pengereman ke jalan
  • Ban memaksimalkan fungsi kemudi dengan mengontrol gerak awal, kecepatan tinggi atau rendah, saat pengereman, maupun saat belok
  • Ban menyerap kejutan yang ditimbulkan dari permukaan jalan yang tidak rata
  • Ban meneruskan tenaga dari mesin sehingga kendaraan bisa berjalan

Namun seperti yang  teman-teman ketahui, bahwa ban yang dipergunakan pada kendaraan memiliki dua jenis yang umum digunakan, yaitu Ban Bias dan Ban Radial. Umumnya ban Bias menggunakan ban dalam (tube type) dan Ban Radial tanpa menggunakan ban dalam (Tubless). Dan type ban tersebut bisa dilihat dari carcass nya. Carcass adalah lapisan benang berbentuk ban dan merupakan rangka ban yang menahan udara bertekanan tinggi agar bisa menyangga ban. Carcass dibuat dari bahan nylon baja.

Sementara Ban tubeless dan ban tubetype adalah dua jenis ban yang berbeda. Keduanya umum digunakan pada kendaraan. Perbedaan yang sangat jelas antara kedua ban ini adalah pada konstruksinya. Ban tubeless tidak memiliki ban dalam seperti halnya ban tubetype

Berikut perbedaan antara Ban Tubeless dengan Ban Tubetype :

  • Ban Tubeless punya kontruksi kuat dan kokoh. Meskipun tidak memiliki ban dalam, sebenarnya ban tubeless memiliki banyak lapisan. Hal ini bisa diselaraskan bahwa ban dalam didesain menyatu dengan bagian luarnya. Ketebalan ban tubless sekitar 5-10 persen lebih tebal daripada ban tubetype. Karena perbedaan tersebut, ban tubeless tidak langsung kempis ketika terkena benda tajam yang menusuk. Angin ban biasanya akan keluar secara perlahan-lahan. Jadi, kendaraan masih bisa dijalankan dengan mudah meskipun dalam kondisi bocor tertusuk benda tajam selama benda tersebut tidak dicabut dari ban.
  • Material bahan baku ban berbeda. Ban tubeless dan ban tubetype sama-sama terbuat dari bahan karet sintetis. Namun, perbedaannya terletak pada lapisan fluid sealant yang terdapat pada bagian dalam ban. Dengan lapisan ini, permukaan ban dapat lebih rapat. Sementara itu, ban bias dengan tubetype menggunakan ban tambahan yang disebut inner tube atau ban dalam.
  • Komponen ban tubeless lebih sedikit dibanding ban tubetype. komponen ban tubeless lebih sedikit dibandingkan ban tubetype. Untuk ban tubeless, hanya ada ban dan pelek. Namun, pada ban tubetype, ada komponen seperti ban luar, ban dalam, flap, pelek, dan lock ring. Dengan komponen lebih sedikit, ban tubeless tentu lebih praktis dirawat. Sebaliknya, ban dengan komponen banyak tentu membutuhkan anggaran pembuatan lebih banyak juga.
  • Perbedaan Harga Ban. Harga ban tubeless memang jauh lebih mahal dibandingkan ban jenis tubetype. Namun, karena harga lebih mahal tersebut akan sangat sebanding dengan ketahanan dan kemampuan ban. Ban jenis ini biasanya baru akan diganti ketika sudah menipis, bukan karena rusak.
  • Perlakuan saat ban bocor. Salah satu kelemahan menggunakan ban tubeless saat ini adalah kurang banyaknya bengkel yang menangani penambalan ban khusus. Ban jenis ini butuhkan perawatan yang tepat ketika sedang tertusuk benda tajam. Ada dua metode yang umum digunakan, yaitu string dan tip top. String lebih mudah dan murah, tetapi berisiko merusak ban. Ketika ban tubetype bocor di tengah jalan, harus langsung mengganti ban karena angin yang ada didalam ban langsung habis.

Itulah teman-teman sedikit pengetahuan tentang ban, karena hal ini sangat vital buat kendaraan kita. Jadi bagaimana teman-teman?, apakah sudah bisa memilih ingin menggunakan ban jenis apa pada kendaraan nya?.

Semoga bermanfaat

Salam hangat penuh semangat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan