Mohon tunggu...
Endra Wahyoudee
Endra Wahyoudee Mohon Tunggu... Guru - Guru

Masih ingin terus belajar, karena belajar dapat menemukan hal-hal baru

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Belajar Menulis PGRI G. 27 Pertemuan Ke-5

1 September 2022   09:05 Diperbarui: 1 September 2022   09:12 140 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: dokpri/pelatihanbelajarmenulis

Pertemuan : 5

Tema : "Menulis Buku Dari Karya Ilmiah"

Moderator : Ibu Mutmainah

Nara Sumber : Ibu Noralia Purwa Yunita, M. Pd

Assalamualaikum  Teman-teman

Belajar Menulis PGRI Gelombang 27 sudah sampai dipertemuan ke 5, kelas malam tadi dengan tema yang diangkat adalah tentang "Menulis Buku Dari karya Ilmiah".

Seperti biasa teman-teman, kelas di buka oleh moderator Ibu Mutmainah yang sudah kali kedua Beliau menjadi Moderator. Beliau membuka kelas dengan salam sapaan khas nya "Assalamualaikum, selamat malam, salam sejahtera untuk kita semua. Di malam putaran ke 5 kembali Emut Lebak akan menemani sobat Nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas. Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya. Semoga niat tetap terjaga untuk menambah ilmu dari narasumber yang luar biasa". Setelah membuka kelas beliau membacakan CV Narasumber yang selanjutnya mempersilahkan Nara Sumber untuk memaparkan materinya.

Selanjutnya pemaparan dari Nara Sumber Ibu Noralia Purwa Yunita, M. Pd, Beliau adalah Pengajar di SMP Negeri 8 Semarang. Beliau merupakan alumni kelas Belajar Menulis Gelombang 8. Selain mengajar, Beliau juga aktif menjadi Penulis di Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan, Penulis di Penerbit Andi Offset, Penulis dan Ambassador di penerbit Innovasi Publishing, Salah satu tim admin di website Guru Penggerak, Pengurus Pena Guru di Yayasan Guru Nusantara, Anggota komunitas koordinator virtual Indonesia (KKVI), anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran Prakarya dan IPA, serta Pembimbing ekstrakurikuler KIR SMP. Aktif Menjadi narasumber diberbagai kelas menulis. Kini Beliau telah menghasilkan buku solo sebanyak 17 buku dan berbagai artikel Ilmiah. (wow sangat luar biasa prestasinya)

Materi malam itu adalah sangat menarik bagi penulis karena pasti akan banyak mendapat asupan wawasan untuk bekal menulis nanti. Ya.. materinya adalah Menulis Buku Dari Karya Ilmiah. Sistem kelas pada malam itu adalah diskusi terbuka, jadi bagi peserta kelas yang langsung ada pertanyaan atau memberikan tanggapan bisa langsung memberikan tanpa harus menunggu sampai pemaparan materi selesai. Kelas dibuat gaya santai dan diskusi asik dan menarik.

Nara Sumber mulai menyapa "Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,, selamat malam bapak ibu hebat semua". "Alhamdulillah wasyukurillah bisa berjumpa kembali dengan para guru hebat dan bersemangat tentunya di acara yang tidak kalah hebat dan keren, BM gelombang 27". Setelah itu Nara Sumber langsung membuka diskusi kelas. Akhirnya para peserta kelas saling bercerita dan mengingat saat kapan terakhir membuat karya ilmiah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan