Mohon tunggu...
Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Endrapta Ibrahim Pramudhiaz Mohon Tunggu... Pemula

Mempunyai keinginan untuk membangkitkan kembali semangat menulis yang pernah ada.

Selanjutnya

Tutup

Politik

Emil Dardak Ajak Anak Muda untuk Mendukung Pemerintah

27 Januari 2021   20:40 Diperbarui: 27 Januari 2021   20:45 45 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Emil Dardak Ajak Anak Muda untuk Mendukung Pemerintah
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan) 

Emil Dardak menganggap bahwa alasan anak muda enggan aktif di dunia politik adalah adanya anggapan bahwa pemerintah itu membosankan, tidak asyik, dan memiliki banyak konflik kepentingan. Menurut dia, anak muda dan pemerintah memiliki perannya masing-masing untuk menyelesaikan masalah ini.

Wakil Gubernur termuda dalam sejarah Jawa Timur itu mengungkapkan kalau anak muda dan pemerintah perlu bertemu di jalan tengah. Anak muda perlu keluar dari zona nyaman mereka dan mulai turun tangan dengan ikut peduli. Di sisi lain, pemerintah juga perlu meraih dan menjangkau anak muda. 

“Kita berharap anak-anak muda mulai berani menyuarakan (pendapat). Jadi dia (anak muda) harus sadar kalau pemerintah bukan hanya ditegur kalau salah, tapi harus didukung kalau benar. Karena kalau tidak, pemerintah ini akan menjadi reaktif dan hanya mengikuti opini publik yang ramai,” kata Emil Dardak dalam webinar bertajuk ‘Milenial dalam Politik yang Menua. Bisa Apa?', Selasa (26/1/2021).

Hal ini yang menyebabkan pemerintah enggan membuat sesuatu berjangka panjang yang efeknya baru terasa 6 tahun kemudian. Pemerintah memilih untuk membuat sesuatu yang lebih terlihat luar biasa dibanding hal-hal yang mampu menghilangkan penderitaan rakyat selama bertahun-tahun, seperti resiko banjir dan tanah longsor.

“Pada saat pemerintah berbuat benar dan tidak direspon dengan benar, maka pemerintah akan terdorong untuk membuat sesuatu yang lebih populis, bukan sesuatu yang benar. Sesuatu yang akan mendapatkan respon bagus,” lanjut mantan Bupati Trenggalek itu.

Sebaliknya, pemerintah juga perlu membangun kepercayaan anak muda dengan cara lebih responsif. Emil Dardak mengaku sering membalas unggahan tweet yang ditujukan pada dirinya. Dengan begitu, kepercayaan akan terbangun dalam diri anak muda bahwa pemerintah hadir untuk mereka. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x