Mohon tunggu...
Endang Srirukmini
Endang Srirukmini Mohon Tunggu... Anak Bangsa, itu aja ko ----

Jangan lupa bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan dan Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK)

25 September 2020   14:51 Diperbarui: 25 September 2020   19:46 16 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan dan Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK)
abk-1-5f6de68c097f3605ba4a45c4.jpg

Teman-teman jika mendengar kalimat anak yang berekebutuhan khusus. Apa yang ada dibenak teman-teman? Yaa.." anak cacat bukan". Itulah yang ada dibenak teman-teman. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki masalah dalam perkembangnnya baik fisik maupun motorik anak. contoh anak yang berkebutuhan khusus adalah anak yang tidak bisa bicara, mendengar dll. 

Jangan kalian pikir bahwasannya anak berkebutuhan khusus tidak berpendidikan, tidak bisa berkarya dll.  Pada kenyataannya banyak anak yang berkebutuhan khusus yang berkarya dan menghasilkan suatu karya yang luar biasa diakui oleh banyak orang. Pendidikan anak berkebutuhan khusus adalah suatu pendidikan yang didalamnya itu, kegiatan yang mereka lakukan sudah diatur. Pendidikan anak berkebutuhan khusus sudah ditentukan dalam UUD 1945 Bab X111 pasal 31 :

  • Tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran dan pendidikan
  • Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur oleh undang-undang.

Jadi, dapat disimpulkan bahwasnnya anak berkebutuhan khusus juga berhak mendapat pendidikan. Pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus dibuat dalam tempat yang khusus yang didalamnya hanya anak yang berkebutuhan khusus, akan tetapi  bisa juga anak yang berkebutuhan khusus ikut berpendidikan dengan yang normal. Tetapi jika anak berkebutuhan masuk dapam pendidikan yang sama dengan anak yang normal, maka dia harus memiliki guru pendamping jika dibutuhkan oleh anak tersebut.

Dikehidupan masyarakat, anak yang berkebutuhan khusus tidak direspon secara baik bahwak dijadikan bahan cibiran ditengah masyarakat. Reaksi masyarakat antara lain:

  • Anak berkebutuhan khusus selalu dicemoohkan, diledekin dll
  • Anak berkebutuhan khusus tidak mendapat kesempatan untuk bergabung dengan lingkungan sosial.

Sebagai masyarakat yang baik seharusnya saling menghargai dan mendukung satu sama lain. Ketika sala seorang anak yang berkebutuhan khusus tinggal ditengah masyarakat alangka baik memberikan motivasi pada anak agar perkembangan anak berjalan secara optimal walupun masih ada hambatan.

Pendidikan anak berkebutuhan khusus dalam proses pembelajaran membutuhkan media pembelajaran. Media pembelajarana adalah alat yang digunakan oleh seorang pendidik ketika berlangsungnya kegitan belajar dengan peserta didik. Manfaat dari media yang digunakan adalah agar apa yang disampaikan pendidik kepada peserta didik itu bisa dipahami oleh peserta didik. 

Media yang digunakan bukan sembarang media, akan tetapi media yang digunakan dapat mengembangkan suatu kemampuan anak dalam memahami materi yang disampaikan peserta didik. Adapaun bentuk  alat yang digunakan dalam proses pembelajaran sebagai berikut:

  • Instrumen
  • Gambar
  • Komponen
  • Kartu
  • Foto
  • Skema
  • Tulisan
  • Benda tiga dimensi
  • Model
  • Benda asli
  • Dan lain-lain

Alat atau media pembelajaran adalah media yang digunakan adalah media yang sudah dirancang. Perencanaan adalah tahap yang digunakan dalam menentukan media apa yang akan dibuat. Ada pun kreteria media pembentukan media pembelajaran antara lain:

Kriteria umum

  • Segi edukatif : Edukatif yang dimaksut adalah bahan atau media yang digunakan bersifat mendidik. Mendidik peserta didik yang berkebutuhan khusus sesuai dengan perkembangan anak.
  • Segi teknis: Media yang dibuat awet, tahan lama, aman bagi anak, mudah dalam menggunakan media tersebut serta kebenaran media
  • Segi estetika: Media yang yang memiliki nilai keindahan,memiliki nilai tarik oleh anak anak dan medianya berwaran terang.
  • Efektevitas dan efesiensi: Media yang dapat digunakan dengan mudah ,menghemat tenaga dan tepat tujuan dan sasaran bagi perkembangan anak.

Kriteria khusus: Kriteria khusus yang dimaskut adalah media pembelajaran yang dibuat berdasarkan kebutuhan anak. untuk perkembangan optimal anak. media yang dibuat berdasarkan kurikulum.

Adapun langka-langka dalam membuat media pembelajaran anak berkebutuhan khusus antara lain:

  • Berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa
  • Berdasarkan tujuan pembelajaran
  • Materi yang diperincikan
  • Keberhasilan dalam mengembangkan alat ukur
  • Menuliskan media
  • Merumuskan instrumen dan tes serta revisi ( Budianto, Dkk 2009).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x