Mohon tunggu...
Endang Nur
Endang Nur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tantangan Pendidikan pada Masa Pandemi

5 Juli 2022   18:32 Diperbarui: 5 Juli 2022   18:36 91 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tantangan Pendidikan Pada Masa Pandemi

Pada saat ini dunia sedang digemparkan dengan adanya virus Covid-19. Virus ini membawa pengaruh yang besar terhadap berbagai aspek kehidupan semua umat manusia tanpa memandang bulu. Kita dituntut untuk mampu beradaptasi menghadapi berbagai tantangan ini agar kita tidak tertinggal dengan kehidupan yang serba digital. 

Khususnya di masa pandemik yang sedang kita rasakan ini, kita dituntut untuk menjadi pribadi yang terus berkembang agar mampu bertahan dari pengaruh pandemik ini.

Virus ini membawa dampak ke berbagai aspek kehidupan, salah satunya adalah pendidikan. Masa pandemik covid-19 membuat pola Pendidikan berubah,  sehingga banyak tantangan bagi Pendidikan karena perubahan-perubahan tersebut akibat pandemik. 

Sebelum pandemik, Pendidikan dilakukan dengan tatap muka di sekolah maupun universitas. Namun untuk menghindari penularan virus, proses belajar mengajar terpaksa dilakukan secara online. Hal ini menyebabkan semua kalangan guru, siswa, sekolah, bahkan orang tua di rumah pun harus melakukan adaptasi terhadap perubahan tersebut.

Tantangan yang dirasakan oleh guru yaitu perlu membuat kurikulum secara darurat, membuat rancangan pelaksanan pembelajaran yang menarik dan sederhana agar peserta didik dapat memahami pelajaran dengan cepat dan mudah, guru juga harus menyesuaikan pembuatan bahan ajar atau materi yang sesuai dengan kemampuan peserta didik, 

guru juga harus mampu beradaptasi menggunakan internet untuk melakukan pembelajaran, sehingga para guru dituntut untuk menguasai media pembelajaran berbasis komputer. Hal tersebut tentunya membuat guru harus menggunakan daya kreativitasnya dalam menunjang proses pembelajaran dimasa pandemik ini.

Walaupun kemajuan teknologi semakin berkembang dan memudahkan siswa untuk belajar, namun peran guru tidak dapat tergantikan oleh teknologi, guru harus tetap menjalankan perannya, walaupun dalam kondisi seperti ini. 

Guru harus bisa berfikir tentang bagaimana caranya agar kegiatan belajar dan mengajar tetap berjalan walaupun dilakukan jarak jauh. Selain itu, guru juga harus memilih metode yang tepat dan relevan dengan peserta didik agar mereka dapat memahami pembelajaran. 

Oleh karena itu tidak mudah bagi seorang guru menghadapi tantangan Pendidikan selama pandemic ini. Sehingga dibutuhkan kerja sama dengan peserta didik dalam mencapai proses pembelajaran ini.

Para guru di sekolah diharapkan tidak hanya memberikan materi dan tugas saja. Para guru dan orang tua diharapkan mampu memperhatikan kondisi psikis para pelajar. Karena seperti yang kita ketahui, pandemik telah membuat semua kalangan mengalami stress.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan