Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Pendidikan yang Berkebudayaan dan Tantangan Globalisasi

24 Februari 2019   20:55 Diperbarui: 27 Februari 2019   20:28 0 2 0 Mohon Tunggu...

OLEH : ENDANG WAHYUNINGSIH, S.Pd

Pelanggaran norma - norma yang berlaku di tengah masyarakat sering dilakukan orang yang memiliki pendidikan. Dengan bekal pendidikan yang dimiliki, mereka lebih pintar berkelit dan membela diri. 

Kalau perlu mengajukan pasal - pasal bahkan ayat - ayat dalam undang - undang untuk menutupi kekurangan dan kecurangan mereka. Hal ini menjadi tantangan cukup serius dalam mengembangkan pendidikan yang berbudaya dan globalisasi. 

Semestinya orang yang memiliki pendidikan akan menjadi panutan bagi masyarakat sekitarnya. Masyarakat akan yakin bahwa pendidikan benar - benar membentuk manusia yang berbudaya. 

Maka pendidikan merupakan upaya membentuk suatu masyarakat yang unggul dan mampu membawa lingkungannya kepada kemajuan yang di cita- citakan. Salah satu upaya membentuk individu - individu yang memiliki keunggulan dan kepekaan sosial dan perilaku berbudaya dapat dilakukan melalui pendidikan.

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan kita ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapatkan dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. 

Alangkah pentingnya pendidikan itu, guru sebagai media pendidikan memberikan ilmunya sesuai kemampuan yang dimiliki. Peranan guru sebagai pendidik merupakan peran memberi bantuan dan dorongan, serta tugas - tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar dapat mempunyai rasa tanggung jawab dengan apa yang dia lakukan. 

Selain itu peranan lingkungan masyarakat penting bagi anak didik, ini berarti memberikan gambaran bagaimana kita hidup bermasyarakat. 

Bila kita berinteraksi dengan masyarakat mereka akan menilai kita bahwa akan kelihatan orang yang terdidik dan tidak terdidik selalu berkembang dan berubah dan membawa manusia untuk menyesuaikan diri dengan perubahan - perubahan kultural dan tantangan jaman tradisional untuk memasuki jaman modern. 

Pendidikan adalah suatu usaha secara sadar yang dilakukan secara sistematis dalam mewujudkan suasana belajar mengajar agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya. Dengan adanya pendidikan seseorang dapat memiliki kecerdasan, akhlak mulia, kepribadian dan kekuatan spiritual, dan ketrampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat. 

Menurut Ki Hajar Dewantara, pengertian pendidikan adalah proses menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak - anak peserta didik, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi - tingginya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x