Mohon tunggu...
Endah Tri Rachmani
Endah Tri Rachmani Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga dengan 3 anak yang juga bekerja sebagai guru.

Menulis untuk berbagi kisah tentang cerita-cerita kehidupan di lingkungan sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Kenikmatan dalam Secangkir Kopi

17 September 2021   05:34 Diperbarui: 17 September 2021   05:38 102 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kenikmatan dalam Secangkir Kopi
Secangkir kopi/ borneo24.com

Beban kerja dan rutinitas harian yang padat seringkali menimbulkan rasa penat dan berujung pada munculnya rasa pusing. Efek yang demikian ini dalam hampir dua tahun terakhir, lebih tepatnya selama pandemi, sering saya rasakan. Sebagai pekerja yang juga ibu rumah tangga dengan dua anak SD dan satu batita, seringkali merasa semua beban menumpuk dan harus diselesaikan hari itu juga.

Sebelum pandemi, semua rutinitas tidak menjadi beban pikiran dan saya enjoy saja menjalani semuanya. Namun, himbauan untuk di rumah saja sepertinya membuat hari-hari saya menjadi kurang berwarna. Semua terasa monoton dan membosankan karena tidak ada selingan untuk jalan-jalan keluar rumah yang menghibur.

Solusi dari Kopi

Atas saran suami yang memang penikmat kopi, jika rasa penat tak tertahankan hingga kepala terasa berat, saya pun mengkonsumsi kopi pahit di sore hari untuk meredakannya. Meski awalnya ragu, tapi memang benar terbukti bahwa mengkonumsi segelas kopi bisa membuat lebih rileks dan menghilangkan rasa pusing yang mendera. Kandungan kafein dalam kopi betul menjadi obat yang sangat mujarab untuk membuat saya kembali fres.

Cara Enak Membuat Kopi

Menyeduh segelas kopi pasti bukan perkara yang berat. Semua orang pasti bisa asalkan ada kopi, gula, dan air panas. Tapi, ternyata ada beberapa rahasia yang membuat rasa kopi yang kita seduh menjadi terasa nikmat dan berbeda dari kopi yang biasanya.

Pertama, siapkan kopi dalam gelas kaca, bukan cangkir keramik. Cangkir keramik lebih nikmat untuk menyeduh teh dan kurang pas untuk menyeduh kopi.

Kedua, siapkan air yang baru mendidih, jangan air panas dari termos. Ini akan membuat kopi matang sempurna saat tersiram air panas.

Ketiga, aduk rata seduhan kopi dan biarkan tercampur sempurna, biasanya akan meninggalkan jejak buih kecoklatan di permukaan kopi.

Keempat, tambahkan gula sesuai selera. Jika ingin kopi murni, langkah ini bisa diskip dan langsung minum kopi tanpa tambahan gula.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan