Mohon tunggu...
Endah Tri Rachmani
Endah Tri Rachmani Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga dengan 3 anak yang juga bekerja sebagai guru.

Menulis untuk berbagi kisah tentang cerita-cerita kehidupan di lingkungan sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Sekolah Tak Seindah Harapan

3 September 2021   13:13 Diperbarui: 4 September 2021   09:45 435 21 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sekolah Tak Seindah Harapan
Ilustrasi anak sekolah. (Dok. Shutterstock via kompas.com)

Minggu pertama bulan September, dunia pendidikan khususnya jenjang PAUD, SD, dan SMP di daerah saya bersiap melaksanakan sekolah tatap muka. 

Hari ini anak kedua saya yang duduk di bangku SD kelas 2 mendapat giliran masuk sekolah sebagai rangkaian kegiatan persiapan sekolah tatap muka sepenuhnya. 

Pengalaman pertama bagi anak saya berangkat sekolah karena dari awal sekolah di kelas 1 setahun lalu sudah ada kebijakan pembelajaran jarak jauh. 

Senangnya Sekolah

Seperti kebiasaan pengalaman pertama, anak saya sangat antusias menyambut jadwal hari berangkat sekolah meski hanya satu kali dalam satu minggu ini. 

Tanpa dibangunkan, dia bangun pagi sekali tadi, setelah itu mandi dan mengecek semua peralatan sekolahnya. Seragam, sepatu, buku-buku, dan alat tulis sekolah yang lain, tak ada yang terlewat.

Karena jadwal masuk pukul 07.20 WIB, pukul 07.05 anak saya sudah siap berangkat. Terlihat gembira menyandang tas, memakai sepatu dan tak lupa masker. 

Sampai di sekolah, protokol kesehatan diterapkan dengan sungguh-sungguh. Setiap siswa yang baru hadir diminta untuk cuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir dan dicek suhu badan sebelum dipersilahkan masuk kelas. Di kelas pun anak-anak duduk berjarak dan tidak diperkenankan bergerombol.

Ternyata, aturan percobaan pertemuan tatap muka itu hanya membolehkan anak yang berangkat maksimal 50% dari jumlah keseluruhan dalam satu kelas. 

Lalu, ada jadwal khusus untuk tiap kelas. Kelas 5 dan 6 berangkat hari Rabu, 1 September 2021. Kelas 3 dan 4 berangkat hari Kamis. Kelas 1 dan 2 berangkat hari Jumat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan