Mohon tunggu...
Endah Tri Rachmani
Endah Tri Rachmani Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga dengan 3 anak yang juga bekerja sebagai guru.

Menulis untuk berbagi kisah tentang cerita-cerita kehidupan di lingkungan sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Awas! Herpes Zoster Mengintai

15 Agustus 2021   05:38 Diperbarui: 15 Agustus 2021   08:00 737
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar kulit yang terkena herpes kulit/Sehatq.com

Selama dua minggu ini, anak saya nomor dua yang berusia 8 tahun dalam masa pengobatan karena terkena penyakit herpes. 

Pada awalnya saya pikir itu hanya masalah gatal biasa pada kulit karena area kulit yang gatal hanya setempat dan sedikit terlihat kemerahan. Tidak terdeteksi adanya gelembung air di area kulit tersebut. Apalagi posisinya di perut, tepat dibekas karet celana. Jadilah saya berpikir itu karena efek karet celana saja.

Beberapa hari kemudian, keluhan gatal berpindah pada bagian kulit yang lain. Saya masih belum berpikir itu adalah herpes karena gatal pada area kulit yang awal sudah sembuh. Gatal yang awalnya di perut kali ini berpindah di dada sebelah kanan atas, tepat di atas puting payudara.

Walaupun kali ini area yang gatal terdapat gelembung air, saya masih belum curiga kalau itu herpes karena setahu saya, herpes pada kulit itu bentuknya seperti beruntusan, bergerombol dan berair serta berwarna kemerahan. Pada kasus anak saya, kulit seperti terkena cipratan air panas, melepuh dan berair serta berwarna kemerahan. Waktu itu saya hanya memberikan salep kulit gatal biasa yang ada di rumah.

Besoknya, anak saya mengeluh gelembung gatal di dada pecah, tapi masih terasa gatal. Pemikiran orang awam seperti saya masih saja belum terpikir kalau itu herpes. Saya justru merasa lega karena biasanya rasa gatal pada bekas luka justru pertanda kalau luka itu mau sembuh.

Hari berikutnya, di seputar mata anak saya terlihat beberapa gelembung kecil yang menyebar dan membuat kelopak mata terlihat sedikit bengkak. Karena kebetulan hari itu Minggu, saya menunda membawa anak saya berobat sambil melihat perkembangan lebih lanjut dari gelembung kecil tersebut.

Esok harinya, anak saya mengeluh tak bisa membuka mata saat bangun tidur dan kelopak mata terasa pegal. Saat saya lihat, ternyata banyak kotoran di mata dan gelembung itu semakin bertambah banyak. Ok, saatnya ke dokter. Saya tak berani mengambil resiko mengoles obat sembarangan di seputar mata, jadi lebih baik periksa ke dokter dan berharap mendapat obat yang diminum.

Cara Penularan Herpes Kulit

Saat periksa ke dokter, saya mendapat kepastian jika keluhan anak saya karena serangan virus herpes. Seperti umumnya virus, penyebaran penyakit ini seringkali karena kontak langsung dengan penderita atau karena penggunaan barang atau fasilitas umum secara bersama-sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun