Mohon tunggu...
Endah Elsa Riani
Endah Elsa Riani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN Tim II Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

"Gemas Merona" ala Mahasiswa KKN Undip Atasi Masyarakat Tidak Pakai Masker

7 Agustus 2021   20:40 Diperbarui: 7 Agustus 2021   21:47 82 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
"Gemas Merona" ala Mahasiswa KKN Undip Atasi Masyarakat Tidak Pakai Masker
Pelaksanaan Program Kerja 2 (dokpri)

Semarang (3/8) Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai membuat segala aktivitas fisik dan ruang gerak masyarakat menjadi sangat terbatas. Alih-alih mereda, Positif Covid-19 di Kota Semarang semakin meningkat, salah satunya di Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Masyarakat pun harus mulai beradaptasi menerapkan kebiasaan baru, khususnya masyarakat RT 03/RW 03, Kelurahan Jatingaleh.

Namun, pada kenyataannya, kesadaran masyarakat RT 03/RW 03 masih tergolong rendah untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah. Pasalnya, masih banyak warga yang tidak menaati aturan menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah dan ketika bepergian. Selain itu, masih banyak warga yang menganggap bahwa masker dapat menghambat asupan oksigen dan meremehkan manfaat penggunaan masker.

Dalam menghadapi permasalahan tersebut, Endah Elsa Riani (21), salah satu Mahasiswa peserta KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan solusi dengan "Gerakan Memakai Masker Melawan Corona (GEMAS MERONA)" untuk mencegah penularan Covid-19. Pemberian edukasi dilakukan secara langsung sekaligus membagikan brosur mengenai pentingnya memakai masker dan cara memakai masker ganda yang tepat. Program ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain memberikan edukasi, juga dilakukan penempelan poster GEMAS MERONA di tempat umum.

Memberikan Edukasi dan Membagikan Brosur (dokpri)
Memberikan Edukasi dan Membagikan Brosur (dokpri)

Poster
Poster "Gerakan Memakai Masker Melawan Corona (GEMAS MERONA)" (dokpri)

Setelah memberikan edukasi dan membagikan brosur, Endah dan empat mahasiswa UNDIP lainnya mulai membagikan Covid-Kit kepada warga RT 03/RW 03 secara door to door. Covid-Kit tersebut dilengkapi dengan masker, hand sanitizer, dan vitamin. Diharapkan dengan adanya Covid-Kit tersebut dapat meningkatkan kepekaan warga untuk selalu memproteksi diri dengan mematuhi 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak).

Membagikan Covid-Kit (dokpri)
Membagikan Covid-Kit (dokpri)

Salah satu warga RT 03/RW 03, Pak Wito, mengaku senang mendapatkan edukasi dari mahasiswa KKN UNDIP. "Edukasi ini sangat bermanfaat, membuat saya lebih paham pentingnya memakai masker di luar rumah dan cara memakai masker ganda yang benar untuk mencegah penularan Covid-19."

Kegiatan KKN ini mendapatkan dukungan positif dari Ketua RW 03, Ketua RT 03, PKK, dan warga setempat. Diharapkan dari kedua kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran diri warga RT 03/RW 03 mengenai pentingnya memakai masker ketika di luar rumah sehingga warga dapat mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19.

Penulis : Endah Elsa Riani (Administrasi Bisnis / FISIP / 2018)

Dosen Pembimbing Lapangan : Ir. Wahju Krisna Hidajat., MT

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan