endah wahyu sugiharti
endah wahyu sugiharti mahasiswa

pecinta LITERASI

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dua Hal Dahsyat yang Dilakukan Seorang Ayah Ketika Bayi Baru Lahir

11 Oktober 2018   19:19 Diperbarui: 11 Oktober 2018   19:12 160 0 0
Dua Hal Dahsyat yang Dilakukan Seorang Ayah Ketika Bayi Baru Lahir
ayah-dan-bayi-baru-lahir-5bbf41a112ae9456652a6632.jpg

Seorang ayah mana yang  tidak bahagia melihat anaknya lahir dengan selamat begitupun sang istri tercinta. Rona kebahagiaan menyelimuti wajah-wajah lelah yang tegang menunggu penantian sang buah hati. Wajah khawatir melihat sang istri yang kadang teriak kesakitan. Beban berat sedang dipikul oleh seorang ayah. Terlebih ketika sang istri harus operasi tidak bisa bersalin secara normal. Sang ayah harus melihat langsung proses yang sangat menakutkan sepanjang hidupnya. Berbagai peralatan bedah menyayat ditubuh sang istri. Ah sungguh ngerii. Dan mungkin kala itu sang ayah sadar begitu sakitnya pengorbanan istrinya untuk anak dan dirinya.

Uwekk uwekkk..

Suara bayi menghebohkan ruang operasi. Siapa yang tak tersenyum lega menatap bayi mungil itu. Menatap merahnya bayi yang baru saja berada didunia ini. Sungguh luar biasa.

Dalam islam diajarkan dua hal penting ketika anak baru dilahirkan, yaitu:

  • Seorang ayah memberikan kado terindah dengan membisikkan kalimat adzan ditelinga kanannya.

luar biasa  bukan ??

diawal perjalanan hidupnya didunia, anak sudah diberikan kata-kata indah panggilan allah untuk memanggil menghadapnya. Secara tidak langsung anak sudah diberikan arahan bahwa jika besar nanti harus taat kepada orang tua yang mengasuhmu,mendidikmu dan taat beribadah dan menegakkan agamamu.

  • Setelah memberikan kado adzan ditelinga kanannya, sang ayah memberi kado indah kepada anaknya dengan memberikan iqomat/h ditelinga kirinya.

Artinya bahwa setelah diberikan arahan untuk melakukan hal-hal yang baik, ketika suatu hari anak lalai maka anak tidak marah diberi teguran oleh orang-orang sekitar maupun orang lain. Selama dalam kebaikan.

Penjelasan dua hal diatas adalah menurut statemen saya pribadi.

Begitu luar biasanya perintah islam menganjurkan dua hal tersebut ketika anak baru lahir. Secara tidak langsung pembentukkan karakter telah tertanam setelah anak dilahirkan didunia ini.

Seorang ayah adalah pemimpin anak dan istrinya. Maka mendidik anak istrinya menjadi baik adalah hal terberat bagi seoranng ayah tapi memiliki balasan yang begitu nikmat.

Semoga para ayah selalu bersyukur atas apa yang diberikan allah kepadanya.

Dan semoga selalu dilancarkan oleh allah rezekinya.

Amin

***

Endah wahyu sugiharti