Wisata highlight

Eksotisme Surga Tersembunyi di Laut Jawa

12 Juli 2017   09:55 Diperbarui: 12 Juli 2017   10:19 320 2 0
Eksotisme Surga Tersembunyi di Laut Jawa
Foto: https://www.instagram.com/songgle_wk/

Kepulauan Karimunjawa secara administratif masuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa dapat dikatakan sebagai salah satu taman laut paling indah di Indonesia. Taman laut yang berada di perairan Laut Jawa tersebut menjadi salah satu destinasi wisata populer, terlebih lagi setahun terakhir ini kepulauan Karimunjawa menjadi tempat wisata yang paling diminati oleh banyak turis, baik turis lokal maupun turis manca negara. Dan pada tahun 2001 Kepulauan Karimunjawa telah resmi ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional di Indonesia.

Karimunjawa merupakan gugusan pulau di Laut Jawa, letaknya beberapa mil dari Kota Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa menjadi surga bagi terumbu karang, hutan bakau dan pesisir pantai. Keindahan panorama Karimunjawa mampu menghipnotis siapa saja yang datang berkunjung. Menikmati pesona alam Karimunjawa, membuat kita terhanyut dalam eloknya alam Karimunjawa dan kita bagaikan mencicipi eksotisnya surga dunia yang disuguhkan oleh destinasi wisata di Karimunjawa.

Jumlah pulau yang termasuk dalam wilayah Karimunjawa tercatat ada sekitar 27 pulau. 5 di antaranya merupakan pulau yang berpenghuni yakni Pulau Karimunjawa itu sendiri, Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, Pulau Parang dan Pulau Genting. Daya tarik utama di Karimunjawa adalah pulau-pulaunya yang memiliki pemandangan yang indah dan masih asri serta suasanya yang tenang serta menyenangkan. Pada kawasan perairannya memiliki ombak yang cukup tenang dengan pemandangan bawah lautnya yang indah dan sangat terpelihara. sehingga menjadikan Karimunjawa sebagai spot terbaik di Jawa Tengah untuk snorkeling.

Ada banyak spot wisata menarik yang bisa kita kunjungi di Karimunjawa. Berikut ini beberapa spot wisata yang populer yang bisa kalian nikmati keindahannya.

  • Pantai Tanjung Gelam 
    foto: https://www.instagram.com/songgle_wk/
    foto: https://www.instagram.com/songgle_wk/
                               
    https://www.instagram.com/songgle_wk/
    https://www.instagram.com/songgle_wk/

Pantai Tanjung Gelam terletak di  ujung barat Pualu Karimunjawa. Pantai Tanjung Gelam salah satu tempat yang harus wisatawan kunjungi saat berlibur di Karimunjawa. Karena di Pantai Tanjung Gelam menyuguhkan segudang panorama keindahan yang menawan, mulai dari pasir putih hingga menjadi tempat yang sempurna untuk menyaksikan keindahan sunset. Disekitar pantainya juga terdapat pohon-pohon kelapa. Yang lebih menarik lagi, di Pantai Tanjung Gelam terdapat pohon kelapa yang miring ke laut seakan-akan mau tumbang. Jadi, sangat cocok  untuk menjadi spot berfoto bagi kalian yang memang hobi hunting foto dengan latar belakang pemandangan yang menarik.

  • Pantai Barakuda
    https://www.instagram.com/songgle_wk/
    https://www.instagram.com/songgle_wk/

Pantai Barakuda memiliki jarak tempuh skitar 10 menit dari pelabuhan utama Karimunjawa. Pantai Barakuda berlokasi di sebelah utara dari Pantai Tanjung Gelam. Pantai barakuda memiliki pemandangan yang indah dengan air laut yang biru jernih. Keunikan pantai ini adalah keberadaan batu-batu hitam dengan bentuk yang unik.

  • Pantai Nirwana
    https://www.instagram.com/songgle_wk/
    https://www.instagram.com/songgle_wk/

Dapat dikatakan bahwa Pantai Nirwana memiliki garis pantai terpanjang yang ada di Kepulauan Karimunjawa. Lokasi pantai ini berada di sisi sebelah timur Pulau Karimunjawa. Ciri khas pantai ini adalah banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai sehingga menambah sejuk dan indah Pemandangan. Suasana di Pantai Nirwana ini terasa benar-benar pantai banget "seperti di Hawai".

  • Pantai Batu Topeng
    https://www.instagram.com/songgle_wk/
    https://www.instagram.com/songgle_wk/

Spot selanjutnya yang patut dikunjungi adalah Pantai Batu Topeng.  Letak Pantai Batu Topeng berada disebelah utara dari Pantai Tanjung Gelam. Ketika menginjakkan kaki kita di Pantai Batu Topeng, kita akan langsung disuguhkan pemandangan pantai yang begitu memukau. Di sekitar pantai terdapat batu-batu berwarna hitam yang tampaknya menjadi inspirasi dalam penamaan Pantai ini.

  • Pantai Legon Lele
    https://medischfun.files.wordpress.com/
    https://medischfun.files.wordpress.com/

Pantai Legon lele juga tak kalah keren dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Karimunjawa. Di sekitar pantai terdapat banyak gosong (gundukan pasir di tengah laut) yang juga menjadi tempat favorit di Karimunjawa. Pantai Legon Lele memiliki pasir pantai yang berwarna putih bersih dengan warna air laut yang biru jernih disertai ombak yang sangat tenang.

  • Hutan Mangrove di Pulau Kemujan
    Foto: https://www.facebook/nauval.rauruz/
    Foto: https://www.facebook/nauval.rauruz/

Karimunjawa tidak hanya menawarkan keindahan pantai dan lautnya, namun juga terdapat objek wisata hutan bakau atau mangrove. Hutan Mangrove ini berlokasi di kawasan pesisir Pulau Kemujan. Di kawasan Hutan Mangrove ini terdapat track kayu sepanjang 2 kilometer yang bisa digunakan para pengunjung untuk barjalan menyusuri hutan sembari menikmati keindahan kawasan Hutan Mangrove. Setelah berjalan sekitar 700 meter, pengunjung akan sampai di menara pandang.  Menaiki menara pandang, kita dapat melihat pemandang di sekitar dari ketinggian. Jika sedang beruntung, kita juga akan bertemu dengan beberepa spesies binatang yang hidup di kawasan Hutan Mangrove.

Penangkaran Hiu di Pulau Menjangan Besar

Foto: https://www.instagram.com/songgle_wk/
Foto: https://www.instagram.com/songgle_wk/
Berkunjung di Kepulauan Karimunjawa kita tidak hanya menikmati keindahan pantai dan lautnya, kita juga bisa mencoba wisata yang membuat jantung deg-deg-gan, yaitu  dengan mengunjungi tempat penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Besar. Bagi para wisatawan yang memiliki nyali besar dan menyukai kegiatan yang menguji adrenalin, sangat disarankan untuk berkunjung ke tempat ini. Di tempat penangkaran hiu kita diperbolehkan untuk berenang bersama ikan-ikan hiu yang ada di penangkaran, namun tentunya ada aturan yang harus dipatuhi demi keselamatan diri kita. Tidak perlu khawatir, ikan hiu yang ada di penangkaran ini merupakan hiu jinak. Meskipun ukurannya relatif besar namun dijamin jinak.

Pulau Menjangan Kecil

Foto https://beritapariwisata.com/
Foto https://beritapariwisata.com/
Pulau Menjangan Kecil merupakan salah satu destinasi wisata di Karimunjawa yang memiliki spot yang sangat indah untuk melakukan snorkeling karena perairan laut di sekitar pulau ini memiliki air laut yang sangat jernih dan ditambah lagi dengan keberadaan ikan-ikan kecil yang beraneka ragam menjadi daya tarik utama pemandangan bawah laut di sekitar pulau Menjangan Kecil. Masyarakat di Karimunjawa lebih sering menyebut pulau ini dengan sebutan Maer.

  • Pulau Geleang
    Foto https://www.bayuubay.files.wordpress/
    Foto https://www.bayuubay.files.wordpress/

Pulau Geleang termasuk dalam pulau tercantik digugusan kepulauan Karimunjawa. Pulau yang tak berpenghuni ini menawarkan keindahannya berupa hamparan lautan luas dengan warna air lautnya yang begitu bening dan pesona tepi pantai yang mempesona karena memiliki warna pasir putih bersih yang akan membuat kita enggan untuk beranjak pulang.

  • Bukit Love
    Foto: https://www.instagram.com/songgle_wk/
    Foto: https://www.instagram.com/songgle_wk/

Keindahan pemandangan di Karimunjawa menjadikan objek wisata favorit oleh pasangan muda-mudi untuk sekedar berkunjung menikmati indahnya pemandangan juga menjadi tempat yang dilirik untuk berbulan madu. Jika kalian berkunjung ke Karimunjawa, ada satu tempat yang wajib untuk didatangi yakni Bukit Love. Bukit ini berada di Dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa. Di puncak bukit ini ada sebuah tugu bertuliskan kata "LOVE". Berfoto ria dengan latar belakang tugu tersebut seolah menjadi kegiatan yang dilakukan oleh hampir semua wisatawan yang saat berkunjung ke Bukit Love.

  • Bukit Joko Tuwo
    Foto https://dzofar.com/
    Foto https://dzofar.com/

Bukit Joko Tuwo adalah salah satu bukit yang menghadap ke arah kota Karimunjawa, sehingga bila waktu sunset telah tiba, kita bisa melihat warna jingga sang surya yang elok nan menawan di ufuk barat langit dari atas bukit. Tidak hanya itu saja, penamaan bukit Joko Tuwo sendiri tak terlepas dari adanya tulang ikan raksasa yang tersusun rapi di area bukit tersebut. Cerita demi cerita tentang ikan Joko Tuwo cukup melenggenda di Karimunjawa dan cukup menyedot perhatian turis untuk mengunjungi bukit ini. Yang paling menyedot minat para turis untuk berkunjung ke bukit ini, karena adanya spot instragramble. Ini termasuk sesuatu yang baru di Karimunjawa. di sini sengaja dibangun spot-spot unik agar para turis bisa menikmati keindahan pemandangan disekitar bukit Joko Tuwo dari ketinggian.

Spot Instragamble di Bukit Joko Tuwo

Foto: https://www.instagram.com/songgle_wk/
Foto: https://www.instagram.com/songgle_wk/

Di Karimunjawa masih banyak lagi destinasi wisata yang belum bisa kami deskripsikan satu per satu. Mungkin ada lebih dari 11 spot wisata yang menarik di Karimunjawa. Seperti tempat wisata religi di candi bentar khas Karimunjawa di kompleks makam Sunan Nyamplungan, Bukit Nyamplungan di Desa Karimunjawa, Pantai Batu Karang Pengantin di Desa Kemojan Dukuh Karanglawang Pulau Kemojan, wisata kuliner di Karimunjava Culinary Centre di Desa Karimunjawa (dekat Alun-Alun Karimunjawa), dan masih banyak lagi. Jadi, tidak perlu jauh-jauh berwisata keluar negeri, kalau di negeri kita sendiri menyimpan banyak surga dunia yang tidak kalah menakjubkan. Bila kita berwisata, jangan lupa untuk senantiasa tetap menjaga keindahan alam kita agar tetap lestari dan terjaga. Dan jadilah wisatawan yang bijak dengan tidak mencoret-coret ataupun membuang sampah sembarangan.