Mohon tunggu...
Zaid Muhamad
Zaid Muhamad Mohon Tunggu... krv suite

Full timer at Karinov.co.id

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Advokat Hukum Bebas Biaya di Surabaya, LBH Nurani

21 Desember 2019   11:05 Diperbarui: 21 Desember 2019   11:19 189 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Advokat Hukum Bebas Biaya di Surabaya, LBH Nurani
Dok. LBH Nurani

Selama ini masyarakat punya anggapan bahwa dalam hal bantuan hukum, bila murah maka kualitas diragukan. Namun bila biaya mahal, maka bantuan hukum tersebut sudah pasti berkualitas. Tentu saja stigma tersebut tidak benar.

Advokat Surabaya Nurani.or.id merupakan Lembaga Bantuan Hukum yang gratis. Kami memberikan pelayanan dengan kualitas yang tinggi dan berdedikasi terhadap kebenaran. Seorang pengacara yang baik akan menempatkan kebenaran di atas segalanya.

Lembaga Bantuan Hukum Gratis di Surabaya

Sebagai wadah untuk membela orang yang membutuhkan, kami memilih Lembaga Bantuan Hukum atau LBH dan mengikuti Undang-Undang Bantuan Hukum. LBH kami khusus akan membantu masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Sasaran bantuan kami tujukan bagi mereka yang tidak mampu baik secara ekonomi, sosial maupun politik. Memanfaatkan jasa pengacara dari kami tidak dipungut biaya sama sekali. Profesi advokat selalu kami jaga sebagai tugas yang mulia.

Keadilan kadang memang terasa sangat keras dan tajam. Namun nurani.or.id mampu melembutkannya dengan sentuhan kemanusiaan. Sehingga hukum dan keadilan bisa ditegakkan.

Bantuan Hukum Berdasarkan Undang-Undang

Kini masyarakat tidak perlu pusing lagi dalam memikirkan biaya advokat atau pengacara dalam mencari keadilan hukum. Karena, negara telah menanggung biaya advokat untuk mendampingi selama proses hukum berlangsung.

Namun, tidak semua masyarakat yang mempunyai masalah hukum pidana akan mendapat layanan secara gratis. Hanya terdakwa atau tersangka yang terancam pidana 5 tahun ke atas saja yang mendapatkannya.

Maksud dan tujuan negara membiayai pengacara atau kuasa hukum supaya para terdakwa mempunyai hak yang sama selama menjalani proses persidangan. Kecuali secara jelas terdakwa menolak untuk didampingi oleh pengacara.

Dengan demikian, kuasa hukum tidak diperbolehkan untuk menarik biaya kepada tersangka atau terdakwa dengan alasan apapun. Meskipun itu hanya untuk urusan materai atau biaya fotocopy sekalipun. Berbeda halnya dengan kasus perdata, perkara ini sifatnya personal dan tidak ditanggung oleh negara.

Syarat Penerima Bantuan Hukum

Lembaga Bantuan Hukum atau LBH pada dasarnya didirikan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan keadilan secara gratis. Disebut LBH karena lembaga tersebut berada di bawah naungan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia.

Layanan cuma-cuma ini diberikan kepada mereka yang membutuhkan keadilan hukum, akan tetapi tidak mampu, buta hukum dan tertindas. Lembaga Bantuan Hukum gratis di Surabaya salah satunya adalah nurani.or.id.

Namun, tidak semua orang dapat menerima bantuan hukum secara gratis. Hanya perorangan atau kelompok tertentu saja yang dapat menerima dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Bantuan hukum secara gratis merupakan wujud dari UUD Pasal 28 D Ayat 1.

Bunyinya adalah "Setiap orang mempunyai hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama terhadap hukum." Sementara pada Undang-Undang Tahun 2011 No 16 menyatakan bahwa bantuan hukum akan memberikan kesempatan bagi tiap orang atas perlindungan hak sebagai warga negara yang sedang menjalani proses hukum.

Dalam hal ini, pengacara memiliki segmentasi tertentu dalam memberikan bantuan secara gratis. Tidak semua permohonan akan diterima, para pengacara akan memilah permohonan yang diberikan oleh pemohon atas kasus hukumnya.

Dalam Undang-Undang Pasal 5 Ayat 1 dan 2 juga telah disebutkan tentang siapa saja yang dapat menerima bantuan hukum secara gratis. Seseorang yang berhak menerima tersebut antara lain orang miskin dan kelompok orang miskin.

Pengertian dari orang miskin di sini adalah mereka yang tidak mampu memenuhi hak dasarnya secara mandiri. Hak dasar tersebut diantaranya adalah sandang, pangan, layanan pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan berusaha.

VIDEO PILIHAN