Mohon tunggu...
Muthiah Alhasany
Muthiah Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mengubah Gaya Hidup Demi Resolusi Sehat 2022

10 Januari 2022   11:00 Diperbarui: 10 Januari 2022   11:08 662
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jelajah alam terbuka (dok.pri)

Kita dipaksa oleh keadaan untuk menjaga kesehatan lahir dan batin. Pandemi Covid 19 yang telah berjalan selama dua tahun memberi banyak pelajaran. Kalau ingin bangkit kembali maka canangkan resolusi sehat  tahun ini.

Bagi saya pribadi, hal yang paling penting adalah mengubah gaya hidup. Dengan meninjau kembali aktivitas selama dua tahun yang didominasi 'rebahan' dan makan di tempat. Ini sungguh membuat berat badan meningkat dan fisik melemah. Selain itu, suasana batin menjadi tidak menentu.

Beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain:

1. Jelajah alam terbuka.

Dua tahun terakhir, aktivitas saya lebih banyak berada di tempat yang enak dan memanjakan seperti hotel, villa dan sejenisnya. Ini membuat saya kurang gerak, hanya berada di sekitar hotel dengan fasilitas lengkap.

Karena itu saya akan kembali melakukan perjalanan dan petualangan ke alam terbuka seperti dulu. Saya ingin menjelajah hutan, naik gunung, ke pantai dan sebagainya. Aktivitas ini bisa membuat tubuh lebih sehat karena menggerakkan seluruh anggota tubuh.

Saya memutuskan tidak lagi staycation di hotel. Sebaliknya merencanakan bepergian ke tempat yang jauh. Utamanya adalah menjelajah alam agar hidup lebih sehat.

2. Olahraga rutin

Kebanyakan di rumah, saya jadi terlalu sering rebahan, mudah mengantuk. Ini berbahaya karena lemak menumpuk. Makanan seharusnya diolah menjadi tenaga.

Tubuh yang terlalu gemuk sangat rawan penyakit. Saya tidak ingin terserang diabetes seperti almarhumah ibu. Caranya dengan melawan rasa malas bergerak, menekankan pada diri sendiri agar berusaha aktif demi kesehatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun