Mohon tunggu...
M. Alhasany
M. Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pemerhati politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Sebagai Perempuan, Begini Cara Saya Mendukung Net-Zero Emissions

18 Oktober 2021   16:39 Diperbarui: 18 Oktober 2021   16:42 235 28 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Saya di tengah alam terbuka (dok.pri)

Sebagian besar masyarakat masih tidak mengerti tentang Net-Zero Emissions. Ada beberapa penyebabnya, mungkin karena tingkat pendidikan, lingkungan pergaulan, hingga kurangnya sosialisasi dari pemerintah. Jadi, tidak ada upaya untuk mendukung ke arah itu. 

Padahal Net-Zero Emissions  penting untuk diwujudkan, demi keberlangsungan hidup generasi mendatang. Sangat penting memastikan ketersediaan sumber daya energi di masa depan serta lingkungan hidup yang sehat. 

Dalam hal ini, harus saya akui, perempuan kurang memiliki pengetahuan dan kesadaran mengenai Net-Zero Emissions. Mereka menjalani kehidupan sehari-hari tanpa berbuat apapun untuk mendukung program tersebut. 

Di lingkungan rumah saya yang ada di perkampungan, juga demikian. Bahkan ibu-ibu muda tidak pernah mengajarkan untuk menjaga kebersihan. Halaman rumah saya sering menjadi sasaran pembuangan sampah jajanan. 

Saya seringkali menegur anak-anak, tapi mereka akan mengulangi lagi karena orang tua tidak memberi contoh. Bahkan saya dipandang sebagai orang yang galak kepada mereka.

Namun saya sendiri tetap berusaha hidup lebih baik dengan disiplin diri sendiri. Saya perempuan berpendidikan, malu jika berbuat seenaknya. Saya melakukan apa yang bisa saya lakukan untuk mendukung Net-Zero Emissions.

Beberapa cara saya mendukung Net-Zero Emissions, antara lain:

1. Tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk jarak dekat. 

Saya melihat begitu banyak perempuan yang menggunakan motor hanya untuk pergi ke warung yang jaraknya cuma 200 meter. Padahal itu adalah jarak yang cukup dekat.

Saya senang berjalan kaki (dok.pri)
Saya senang berjalan kaki (dok.pri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan