Mohon tunggu...
M. Alhasany
M. Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pemerhati politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Begini Cara Membasmi Jerawat Zaman Ibumu

17 Oktober 2021   13:50 Diperbarui: 17 Oktober 2021   14:03 111 19 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi wajah berjerawat (dok.beritasatu.com)

Zaman sekarang, kaum milenial punya banyak pilihan untuk mengobati dan menghilangkan jerawat. Tapi risiko yang diambil cukup besar, karena kebanyakan mengandung zat kimia.

Karena banyaknya produk yang berseliweran di media sosial dan toko online, akhirnya mencoba-coba sendiri. Seringkali kita tergiur dengan tawaran dan janji produsen, bahwa produk itu ampuh. Padahal jika tidak cocok, malah kulit wajah semakin rusak.

Berbeda dengan remaja tempo dulu, yang justru menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut mudah didapat dan ada di sekitar kita. Coba tanya ibumu, apa yang pernah dipakai beliau untuk membasmi jerawat.

Ketika saya remaja, saya juga mengikuti saran ibu untuk menggunakan bahan alami. Ini jauh lebih murah daripada membeli produk kosmetik yang belum tentu sesuai.

Beberapa cara alami mengatasi jerawat antara lain:

1. Lidah buaya. Tanaman lidah buaya biasanya ada di sekitar rumah. Entah di pot atau langsung di tanah. Ibu-ibu senang menanam lidah buaya.

Lidah buaya memiliki banyak khasiat karena mengandung polifenol, salah satunya menyembuhkan jerawat. Ambil gel yang ada di dalamnya, oleskan ke wajah dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

2. Putih telur. Putih telur dipisahkan dari kuningnya, tambahkan perasan jeruk lemon. Lalu gunakan sebagai masker, diamkan selama 15 sampai 20 menit.

3. Bawang putih. Ambil satu siung bawang putih, kupas dan iris-iris. Satu irisan tempelkan ke jerawat selama 15 menit.

4. Timun. Parut timun dan gunakan sebagai masker, diamkan selama 30 menit. Tapi bisa juga diiris-iris, tempelkan ke wajah dengan waktu yang sama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan