Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Afghanistan Terancam Perang Segitiga

27 Agustus 2021   18:25 Diperbarui: 27 Agustus 2021   18:36 658 32 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Afghanistan Terancam Perang Segitiga
Korban serangan bandara Kabul (dok.okezone.com)

Krisis keamanan di Afghanistan semakin meningkat paska serangan di bandara Kabul. Sekitar 100 orang menjadi korban, termasuk tewasnya beberapa tentara Amerika Serikat. Walau begitu, ribuan orang masih mengantri di luar bandara untuk menyelamatkan diri ke luar negeri.

Serangan tersebut menimbulkan kemarahan presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Dalam pidatonya, ia mengatakan bahwa mereka akan membalas. Akibat insiden itu, Joe Biden dituntut untuk mundur.

Ledakan di bandara Kabul, telah diklaim dilakukan oleh kelompok ISIS-K. Siapa mereka? ISIS-K atau ISIS Khorasan adalah kelompok ekstrimis yang tumbuh di wilayah kontroversial kuno meliputi Iran, Afghanistan, Uzbekistan, Turkmenistan. Menurut Biden, ISIS-K merupakan musuh besar Taliban. 

Kalau benar demikian, maka Afghanistan menghadapi perang segitiga. Antara lain, Amerika Serikat, Taliban dan ISIS-K. Maka, rakyat Afghanistan dalam posisi yang sangat riskan. 

Kelompok ISIS-K sebagaimana ISIS yang telah kocar-kacir, tidak memiliki wilayah yang pasti. Ada kemungkinan bahwa mereka mengambil keuntungan dari kondisi Afghanistan yang mengalami chaos gegara Taliban mengambil alih kekuasaan.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi: 

1. Setelah berhasil menyerang bandara Kabul, serangan berikutnya bisa saja terjadi. Tentu mereka tidak akan mencari kelengahan tentara Amerika Serikat dan NATO yang menjaga bandara.

Bisa jadi, ISIS-K akan menyasar ke gedung-gedung pemerintah, fasilitas umum dan pusat perbelanjaan. Inilah yang harus diwaspadai oleh rakyat Afghanistan, nyawa mereka terancam.

2. Kalau memang ISIS-K adalah musuh Taliban, mereka akan berhadapan. Taliban tentu mempertahankan wilayah yang telah dikuasainya. Perang terbuka bisa terjadi kapan saja.

Belum diketahui secara pasti, persenjataan apa saja yang dimiliki kelompok tersebut. Jika kelompok ini memiliki beking salah satu negara adidaya, maka berarti mereka berbekal senjata yang lengkap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan