Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Kemenangan Taliban dan Dampaknya bagi Timur Tengah

18 Agustus 2021   17:15 Diperbarui: 20 Agustus 2021   23:46 485 20 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kemenangan Taliban dan Dampaknya bagi Timur Tengah
Taliban (dok.liputan6.com)

Keberhasilan Taliban merebut pemerintahan di Afghanistan membuat masyarakat internasional terbelalak. Taliban telah menguasai sebagian besar wilayah di negara tersebut. 

Rakyat Afghanistan yang antipati terhadap Taliban menjadi resah. Mereka berbondong-bondong berusaha keluar dari negeri itu untuk menyelamatkan diri. Bandara di Kabul penuh sesak dengan para pengungsi.

Pemerintah Afghanistan di bawah Ashraf Ghani telah menyerah. Bahkan Ashraf Ghani pun sudah meninggalkan Afghanistan, begitu pula dengan jajaran di bawahnya. Mereka telah mengevakuasi seluruh keluarga.

Berpindahnya kekuasaan Afghanistan ke tangan Taliban tentu memberikan dampak tersendiri. Terutama di wilayah Timur Tengah yang selalu dibayang-bayangi konflik. Negara-negara tetangga juga dilanda kepanikan, bagaimana menyikapi kekuasaan Taliban.

Amerika Serikat juga tidak terlalu peduli dengan nasib Afghanistan. Selama ini negara adidaya tersebut telah menggelontorkan lebih dari satu juta Dolar untuk melatih militer Afghanistan. Joe Biden mengatakan tidak ingin mengulang kesalahan.

Lalu, apa selanjutnya yang akan terjadi dengan Timur Tengah. Berikut ini beberapa prediksi situasi yang harus dihadapi:

1. Banjir pengungsi. Negara-negara tetangga terdekat tentu harus menanggung risiko kedatangan para pengungsi. Hal ini bisa menjadi beban ekonomi yang cukup berat.

Di tengah perkembangan perekonomian yang tidak menentu, negara-negara tetangga bakal kewalahan. Mereka harus memilih antara rakyat sendiri atau membantu pengungsi.

Memang ada pengungsi yang melarikan diri ke Eropa dan Amerika Serikat. Jerman menjadi salah satu tujuan karena  memiliki andil membantu Paman Sam ketika di Afghanistan.

2. Rentan keamanan. Setelah berkuasa di Afghanistan, ada kemungkinan pendukung Taliban yang masih di negara-negara lain akan mencoba hal yang sama, memperkuat diri dan melakukan pemberontakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan