Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Kenali Tanda Akun Giveaway Palsu di Instagram

26 Juli 2021   11:43 Diperbarui: 26 Juli 2021   22:49 259 10 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali Tanda Akun Giveaway Palsu di Instagram
Ilustrasi (dok.SS pribadi)

Jujur saya senang mengikuti lomba giveaway di aplikasi Instagram. Soalnya saya lumayan beruntung, sering menang. Walaupun hadiahnya tak seberapa dalam ukuran uang, tapi berhasil menang itu adalah suatu hiburan tersendiri.

Nah, karena seringnya memperhatikan akun-akun yang mengadakan giveaway, saya jadi tahu mana yang palsu dan mana yang benar. Banyak penipu yang menggunakan akun seolah mengadakan giveaway tetapi tujuannya menguras uang dari korban.

Baru-baru ini saya sengaja memasang diri untuk akun tersebut. Sesuai dugaan, akun ini minta sejumlah uang sebelum hadiah dikirimkan.  Akun ini menggunakan nama sebagai toko sepeda.

Saya diberitahu melalui DM sebagai pemenang giveaway. Saya diminta melanjutkan klaim melalui WhatsApp. Di WA, dia minta dana pengiriman dan pajak sebesar Rp.200.000. 

Tentu saja saya sudah waspada, lalu tanpa mengirim data atau uang yang diminta, saya balik bertanya. "Apa yang menjamin bahwa ini bukan penipuan?" Akun tersebut tidak menjawab sama sekali. 

Setelah tak ada jawaban selama beberapa jam, saya blokir akun tersebut. Ini untuk mencegah agar dia tidak melakukan hack ke akun media sosial yang saya miliki.

Untuk teman-teman, bisa disimak tanda-tanda akun palsu sebagaimana berikut:

1. Akun tersebut menawarkan giveaway yang kurang masuk akal, misalnya memberi satu sepeda setiap hari.

2. Persyaratan tidak lazim, misalnya mengirim jawaban kuis melalui DM. Padahal biasanya jawaban teka-teki ditulis di komentar feed atau di story.

3. Pemberitahuan pemenang melalui DM. Padahal biasanya diumumkan melalui postingan feed atau story.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x