Mohon tunggu...
Muthiah Alhasany
Muthiah Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Menjajal Fitur Reels di Instagram

25 Juni 2021   17:05 Diperbarui: 25 Juni 2021   17:25 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Reels di Instagram (dok.pri)

Dalam beberapa hari terakhir ini, teman-teman pegiat media sosial membicarakan fitur baru Instagram yaitu Reels. Fitur ini baru masuk ke Indonesia, sedangkan di luar negeri lebih dahulu ada. Fitur ini sangat mirip dengan tiktok.

Kabarnya, fitur Reels memang dibuat oleh ofisial Instagram untuk menyaingi tiktok, meski belum begitu lengkap. Tapi kehadiran fitur ini menambah gairah para pengguna Instagram.

Gegara teman-teman berlomba membuat Reels, saya jadi kepo juga. Saya tidak ingin ketinggalan dong, media sosial ini tempat saya melakukan penjenamaan diri (personal branding). Jadi saya harus tahu dan mempelajarinya.

Eh, ternyata fitur ini belum tentu ada di semua Instagram. Beberapa teman telah melakukan pembaruan Instagram dengan donlot ulang dari google play store. Di Instagram saya juga belum ada kemarin siang. Tapi saya tidak donlot dulu, masih berpikir.

Tak disangka malam harinya fitur ini telah muncul sendiri. Jadilah saya utak-atik fitur terbaru tersebut. Hari ini saya sudah upload satu Reels di Instagram.

Bagaimana cara membuat Reels? Simak di bawah ini:

1. Fitur Reels ada di tengah bawah, sederet dengan fitur beranda dan profil. Fitur ini menggantikan tanda plus ( + ) yang digunakan untuk menganggit foto atau video. Sedangkan lambang plus (+) pindah ke atas kanan. Jika kita klik, kita bisa melihat Reels buatan orang lain.

Fitur Reels di tengah ( dok.pri)
Fitur Reels di tengah ( dok.pri)
2. Untuk membuat Reels, geser layar telepon genggam ke kiri. Di bawah ada pilihan feeds, story (cerita) dan Reels. Klik Reels. Maka akan muncul ikon yang dibutuhkan untuk merekam video Reels.

3. Ikon nada musik, untuk mengisi Reels dengan musik. Pilih saja yang sedang tren. 

4. Ikon angka, adalah lamanya waktu yang dipilih untuk video tersebut, ada dua pilihan, 15 detik dan 30 detik.

5. Ikon bintang adalah memberi efek fantasi misalnya taburan bintang atau kerlap- kerlip cahaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun