Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Ronaldo, The Real Influencer

18 Juni 2021   10:45 Diperbarui: 18 Juni 2021   10:56 148 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ronaldo, The Real Influencer
Kartun Ronaldo (dok.kumparan.com)

Dua hari yang lalu nama mega bintang  Portugal, Cristiano Ronaldo menjadi trending topik di Twitter. Ronaldo menduduki peringkat pertama dengan tagar #TheRealInfluencer. Hal ini berkaitan dengan tindakannya menggeser dua botol Coca-Cola dari meja di hadapannya.

Betapa besar pengaruh Ronaldo sebagai pesohor di dunia sepakbola. Dia yang menjadi man of the match, peraih Balon D'or, dan sejumlah penghargaan tingkat internasional lainnya. Ronaldo memiliki jutaan penggemar dan pengikut, baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Maka tak heran jika apa yang dilakukan Ronaldo selalu mendapat sorotan. Seluruh mata masyarakat dunia tertuju kepadanya. Karena itulah, nama sebuah brand yang ada di dekatnya pasti diperhatikan oleh penonton.

Akibat Ronaldo menggeser botol Coca-Cola cukup drastis bagi dunia bisnis. Saham Coca-Cola yang semula  berada pada level USD 56,1 % per lembar langsung turun menjadi USD 55,5% per lembar. Ini berarti turun 1,6%. Coca-Cola mengalami kerugian sebesar 4 miliar dolar AS. 

Meski media Spanyol, Marca mempersoalkan perbuatan Ronaldo, UEFA tidak mempermasalahkannya. Bahkan juru bicara Coca-Cola mengatakan hal itu wajar karena setiap orang memiliki pilihan, apa yang diminumnya.

Namun, hal ini memperlihatkan bahwa ia seorang pesohor dalam bidang apapun secara tak langsung adalah influencer. Mereka mampu memberikan pengaruh menaikkan atau menurunkan citra sebuah brand (merek) di mata masyarakat.

Masyarakat Indonesia belum familiar dengan istilah influencer.  Tapi pada umumnya, masyarakat Indonesia latah mengikuti bintang pujaan mereka. Contoh yang baru terjadi adalah BTS, yang membuat produk McD laku keras.

Bintang film dan penyanyi adalah profesi yang banyak diperhatikan oleh penonton Indonesia. Misalnya cara berpakaian Syahrini, atau gaya 'sultan' orang-orang kaya yang dipamerkan di media sosial.

Ronaldo adalah influencer yang baik. Dia mengajarkan pola hidup sehat dengan menghindari makanan serta minuman yang dapat memperlemah daya tahan tubuh. Selain itu dia menyumbangkan jutaan Dolar untuk kemanusiaan, ayah yang ideal dan cinta tanah air.

Sebagai mega bintang, Ronaldo menyadari hal itu sepenuhnya. Ia justru memaksimalkan pengaruhnya untuk memberikan contoh yang baik kepada penggemar di seluruh dunia. Ronaldo adalah influencer yang dibutuhkan untuk  memperbaiki hubungan masyarakat internasional.

Tidak berlebihan jika Ronaldo diberi julukan The Real Influencer. Dia betul-betul bisa memengaruhi masyarakat dunia. Brand pun tidak akan sembarangan mencela atau menuntut seorang Ronaldo, risikonya sangat besar, ditinggalkan jutaan pelanggan.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x