Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ronaldo Bakal Mati-matian Bela Portugal

12 Juni 2021   13:48 Diperbarui: 12 Juni 2021   13:57 116 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ronaldo Bakal Mati-matian Bela Portugal
CR7 (dok.indopost.com)

Timnas Portugal adalah satu jagoan di Euro 2020. Tak pelak lagi, sebagai juara bertahan, Portugal menjadi tim favorit. Apalagi di sini ada Cristiano Ronaldo, pesepakbola yang masih bersinar di tingkat internasional.

Ronaldo memang yang mengantar Portugal menjadi jawara Euro tahun 2016. Ia sangat totalitas, dalam keadaan cidera pun masih memberi semangat dan intruksi kepada teman-temannya dalam final saat itu. Kini ia berkesempatan untuk mengulang kejayaannya.

Usia yang mulai beranjak menua  dalam ukuran dunia sepakbola, tidak menyurutkan semangat  CR7. Tahun ini usianya 35 tahun, tetapi ia masih sangat diperhitungkan. CR7 bermain cemerlang di Juventus. 

Karena itu, jangan ragukan kiprah Ronaldo di Euro kali ini. Dia bakal mati-matian membela timnas Portugal. Dia seorang nasionalis sejati, ingin mengharumkan nama negaranya melalui sepakbola.

Portugal boleh dibilang berada di grup neraka. Grup F berisi raksasa Eropa, antara lain Jerman dan Perancis. Sedangkan Hungaria bisa saja menjadi kuda hitam.

Malam ini Portugal akan berhadapan dengan Swedia. Tampaknya timnas Swedia agak melemah karena tanpa kehadiran Ibrahimovic. Meskipun begitu, tidak bisa dipandang rendah juga mengingat pelatih Swedia, Janne Andersson terkenal bertangan dingin.

Namun tentu saja pelatih Portugal yang ahli strategi bakal mempersiapkan tim sebaik mungkin. Fernando Santos sudah terbukti mampu membawa Portugal meraih gelar juara Euro 2016. Ia juga tidak rela jika gelar tersebut bisa direbut dengan mudah.

Sebagaimana Ronaldo, Fernando Santos akan berusaha memeras otak, mencari strategi paling jitu agar dau bertahan melawan gempuran tim-tim hebat lainnya. Satu keunggulannya adalah kekompakan timnas Portugal.

Timnas Portugal tidak mengandalkan satu pemain saja. Mereka memiliki kemampuan saling mengisi dan bahu membahu menyerang tim lawan. Ronaldo sendiri mudah menyatu bersama teman-temannya. Ia tidak pernah menunjukkan bahwa dia lebih baik. Ronaldo adalah bagian dari sebuah tim. 

Selain Cristiano Ronaldo, Portugal juga diperkuat pesebakbola yang juga mendunia, Benardo Silva dan Andre Silva. Mereka menjadi motor penggerak timnas Portugal.

Walaupun demikian, belum dipastikan siapa yang akan diturunkan pada laga melawan Swedia. Ronaldo masih belum sembuh dari infeksi di kakinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN