Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengingatkan Kembali Filosofi Ketupat

19 Mei 2021   17:23 Diperbarui: 19 Mei 2021   17:51 129 17 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengingatkan Kembali Filosofi Ketupat
Ilustrasi ketupat (dok.pri)

Siapakah yang menciptakan ketupat? Seingat saya, ini adalah salah satu ajaran dari Sunan Kalijaga. Jadi, ketupat bukan sembarang makanan. Ada filosofi yang sarat dengan nilai-nilai moral di dalamnya.

Ketupat lazim disediakan sebagai makanan wajib khas lebaran. Sejak hari pertama disajikan bersama lauk pauk yang juga khas seperti opor ayam dan rendang, serta kue-kue kering.

Namun sebetulnya kalau di ranah Jawa, lebaran ketupat justru dilakukan setelah menjalani puasa sunah Syawal enam hari. Umumnya puasa awal dimulai pada hari kedua lebaran.

Ada empat unsur filosofi ketupat, antara lain:

1. Ngaku lepat. Tradisi sungkeman dimaksudkan adalah "ngaku lepat" bagi orang Jawa. Artinya, kita mengaku salah dan meminta maaf, terutama kepada yang lebih tua.

Sungkeman mengajarkan pentingnya menghormati orang yang lebih tua, bersikap rendah hati, memohonkan keikhlasan dan maaf dari orang lain. Jika ada orang yang beranggapan haram sungkeman, itu berarti belum mengerti makna sungkeman.

2. Laku papat (melakukan empat hal).

- lebaran menandakan berakhirnya puasa.

- luberan (meluber/melimpah) adalah ajakan bersedekah kepada kaum miskin melalui kewajiban membayar zakat.

- leburan dosa-dosa dan kesalahan. Kita dituntut untuk saling memaafkan, sehingga dosa-dosa kita menjadi lebur.

- laburan. Asal katanya labur, misalnya kapur putih untuk menulis, atau bisa juga cat putih untuk membersihkan tembok. Maksudnya supaya manusia senantiasa membersihkan dirinya lahir dan batin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN