Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

THR Kompasiana Gampang-Gampang Susah

8 Mei 2021   10:22 Diperbarui: 8 Mei 2021   10:29 393 24 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
THR Kompasiana Gampang-Gampang Susah
Ilustrasi ibadah (dok.detik.com)

Berpacu menulis artikel di bulan Ramadan bukan hal yang baru bagi saya. Sejak pertama Kompasiana menyelenggarakan lomba Samber THR Kompasiana ini, saya sudah terbiasa. Tetapi untuk tahun ini ada beberapa tantangan tersendiri. Kesulitan itu saya cuitkan di Twitter.

Selain tema-tema tulisan yang agak mirip dengan tahun sebelumnya, ada topik khusus yang belum pernah diadakan. Tahun ini lebih banyak topik misteri dan tantangan misteri. Ini membuat event THR Kompasiana terasa lebih seru dan greget, walaupun juga menggemaskan.

Tidak sedikit yang merasakan kesulitan dalam memenuhi topik misteri dan tantangan misteri. Hal itu saya lihat dan pantau pada teman-teman di grup WA. Memang kami saling berbagi informasi dan saling membantu. Meskipun ini persaingan, tapi bagi kami lebih penting kebersamaan.

Setidaknya ada lima kesulitan yang saya rasakan, antara lain:

1. Mencari waktu di sela-sela padatnya ibadah. Karena bulan suci Ramadan idealnya meraih pahala berlipat ganda, maka intensitas ibadah juga lebih banyak. Apalagi biasanya mengkhatamkan Alquran. Untuk itu waktu tersita.

Di tengah padatnya jadwal ibadah agar bisa menyelesaikan semua target, berupaya mencuri waktu antara setengah jam hingga satu jam untuk membuat artikel dengan tema yang ditentukan.

Twitter 1. (Dok.pri)
Twitter 1. (Dok.pri)
Kalau tema sudah diketahui, kita bisa memikirkan dari hal sebelumnya. Kalau tidak, agak sulit juga mencari bahan tulisan.

2. Mencari sudut pandang (angle) yang berbeda. Dengan tema yang ditentukan, banyak tulisan yang mirip-mirip. Karena itu saya harus lebih jeli mencari apa yang sekiranya tidak ditulis oleh kompasianer lainnya.

Twitter 2 (dok.pri)
Twitter 2 (dok.pri)
Agak sulit, sebab selalu ada kompasianer yang mengambil dari sudut pandang yang sama. Mungkin hal itu disebabkan pengalaman yang sama.

3. Tantangan video. Nah, ini adalah hal baru dalam Samber THR Kompasiana, tahun lalu tidak ada. Untuk membuat video ini, ada yang harus keluar rumah. Selain itu juga membutuhkan bantuan orang lain.

Twitter 3 (dok.pri)
Twitter 3 (dok.pri)
Namun yang lebih sulit adalah mengunggah video untuk dimasukkan ke dalam tulisan. Terutama bagi kompasianer usia "kolonial" yang memang agak gaptek. Gampang-gampang susah untuk menyelesaikannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN