Mohon tunggu...
Muthiah Alhasany
Muthiah Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Tiga Jenis Aplikasi yang Paling Sering Digunakan

24 April 2021   11:43 Diperbarui: 24 April 2021   11:51 906
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi aplikasi media sosial (dok. merdeka.com)

Sebenarnya, kita sudah sangat tergantung dengan gadget. Setiap hari aktivitas kita didominasi dengan penggunaan gawai/telepon genggam. Terutama dalam melakukan komunikasi dengan keluarga dan kerabat. Ada beberapa aplikasi yang paling sering digunakan.

Sebagai bagian dari kehidupan modern, aplikasi mempermudah kita melakukan sesuatu. Aplikasi membuat jarak dan waktu semakin pendek. Karena itu berbagai macam aplikasi terus diciptakan.

Saya mengikuti perkembangan zaman, meski agak terseok-seok bila dibandingkan dengan generasi Z. Hal ini disebabkan tuntutan pekerjaan, demi mencari sesuap nasi. Saya menggunakan aplikasi yang paling saya butuhkan.

Nah, di sela-sela ibadah bulan Ramadan, penggunaan aplikasi ini meningkat. Sebab aktivitas di luar rumah juga terbatas karena pandemi.

Ada tiga jenis aplikasi yang sering saya manfaatkan, antara lain:

1. Media sosial. Masalahnya sekarang komunikasi jauh lebih efektif dengan menggunakan media sosial. Kita bisa berhubungan dari mana saja dan dengan siapa saja.

Facebook saya gunakan untuk mengajak pada kebaikan, berdakwah secara halus dan menebarkan  nilai-nilai positif. Saya tidak ingin seperti orang yang justru menyebar fitnah dan adu domba, mencaci maki dsb. Sebetulnya membagikan sesuatu tentu saya pertimbangkan lebih dulu.

WhatsApp digunakan untuk berkomunikasi, dengan teman-teman yang satu pemikiran, dengan keluarga dan urusan pekerjaan sebagai blogger. Dalam banyak grup saya sering diam, tetapi jika grup itu berisi orang-orang yang memiliki tingkat pemahaman yang sama, saya ikut aktif.

Instagram saya gunakan sebagai personal branding, pencitraan saya sebaiknya seorang traveller dan influencer. Instagram adalah salah satu alat untuk mencari penghasilan. Sedangkan Twitter kadang untuk melihat keramaian yang menjadi viral di negeri ini, tapi saya juga menggunakan untuk buzzer produk. 

YouTube masih sebagai selingan, kadang sebagai penunjang dalam mencari Cuan. Namun saya juga mencari hiburan musik melalui aplikasi ini. 

2. Aplikasi berita. Karena saya hobi membaca berita untuk mengetahui perkembangan politik dari berbagai negara, saya menggunakan aplikasi berita. Ini bisa berupa media online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun