Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

RIP: Pangeran Philip Meninggal Dunia dalam Usia 99 Tahun

9 April 2021   19:33 Diperbarui: 9 April 2021   19:53 807 25 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
RIP: Pangeran Philip Meninggal Dunia dalam Usia 99 Tahun
Pangeran Philip (dok.bbcnews.com)

Kabar duka datang dari Istana Buckingham, suami dari Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia dalam usia 99 tahun. Pangeran Philip yang bergelar sebagai Duke of Edinburgh wafat tadi pagi (waktu setempat) di istana Windsor. Ratu Elizabeth mengumumkan hal itu dengan kedukaan yang mendalam. Pangeran Philip telah mendampingi Ratu Elizabeth  dengan setia. Rumah tangga mereka boleh dikatakan nyaris tanpa skandal dan berjalan harmonis.

Pangeran Philip menikah dengan Ratu Elizabeth II pada tahun 1947, lima tahun sebelum dinobatkan sebagai Ratu Inggris. Ia lahir di pulau Corfu, Yunani pada tanggal 10 Juni 1921. Ayahnya adalah Pangeran Andrew dari Yunani dan Denmark, putra bungsu Raja George I dari Hellenes. Ibunya adalah Putri  Alice, putri  dari Lord Louis Mountbatten yang juga cicit Ratu Voctoria.

Pangeran Philip dan Ratu eElizabeth II memiliki empat anak, delapan cucu dan 10 cicit. Putra Pertama, Pangeran Charles  lahir tahun 1948, kemudian Putri Anne lahir 1950, lalu Pangeran Andrew lahir pada tahun 1960 dan si bungsu Pangeran Edward lahir pada tahun 1964.

Pangeran Philip menjalani perawatan selama sebulan pada bulan Maret karena sakit jantung. Sebelumnya ia juga sudah dirawat di Rumah Sakit St, Bartholomews. Namun akhirnya Pangeran Philip tidak bisa bertahan,

Perdana Menteri Inggris mengatakan bahwa Pangeran Philip telah banyak mengilhami kehidupan generasi muda. Ia membantu memberi pengarahan kepada keluarga istana sehingga tetap menjadi institusi penting di negara kerajaan tersebut. Hal itu dilakukan untuk menyeimbangkan peran istana dalam tatanan nasional.

Pangeran Philip mendampingi Ratu Elizabeth dalam memainkan peran di negara kerajaan tersebut semenjak penobatan Ratu Elizabeth II pada usia 25 tahun. Ia merupakan satu dari sedikit orang yang masih hidup dari masa perang Dunia ke II. Pangeran Philip menerapkan perubahan tata cara dalam keluarga kerajaan.

Menurut Uskup Agung Canterbury, Pangeran Philip adalah orang yang konsisten mendahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingannya sendiri. Ini menjadi teladan yang baik bagi umat kristen di Inggris. Masyarakat Inggris yang masih dilanda pandemi Covid 19, harus tabah dengan kepergian tokoh penting ini. Terutama bagi sang istri, Ratu elizabeth II, jelas merupakan pukulan batin tersendiri.

Pangeran Philip dan Ratu (dok.bbcnews.com)
Pangeran Philip dan Ratu (dok.bbcnews.com)
Sumber:

https://www.bbc.com/news/uk-11437314

VIDEO PILIHAN