Mohon tunggu...
muthiah alhasany
muthiah alhasany Mohon Tunggu... Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Pilkada Serentak Turki Telah Berakhir

1 April 2019   06:48 Diperbarui: 1 April 2019   07:02 0 6 0 Mohon Tunggu...
Pilkada Serentak Turki Telah Berakhir
Pilkada serentak Turki (dok.sabahdaily)

Hari Minggu 31 Maret 2019, Turki telah melaksanakan Pemilihan Umum untuk memilih kepala kepala daerah di seluruh wilayah Turki. Persaingan begitu ketat. AK Parti berusaha mempertahankan dominasinya di provinsi strategis.

Partai partai yang mengikuti Pemilukada kali ini adalah: Partai Saadet, Partai Turki Independen, Partai Komunis Turki, Partai Negeri (tanah air), Partai Rakyat Republik, AK Parti, Partai Demokrat, Partai Baik, Partai Rakyat Demokratik dan Partai Kiri Demokratik.

Pemilihan suara untuk pemilihan lokal Turki 31 Maret ditutup di seluruh negeri pada jam 5 sore dan hasil pertama  penghitungan  suara masuk  sekitar jam 6 sore. Dengan perolehan 35 persen suara dihitung pada pukul 19:45, 

Hasil awal menunjukkan Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) yang berkuasa dan Aliansi Rakyat Partai Gerakan Nasionalis (MHP) memimpin pemilihan dengan 52,39 persen suara. Sementara itu, oposisi Aliansi Nasional telah mendapatkan 37,28 persen suara yang dihitung.

Pemungutan suara berakhir pada pukul 4 sore di wilayah timur Turki, yang mencakup 32 provinsi, sementara warga yang tinggal di wilayah lain di negara itu melanjutkan pemungutan suara selama satu jam lagi.

Provinsi-provinsi timur tempat pemungutan suara berakhir pada pukul 16:00 termasuk Adyaman, Ar, Artvin, Bingl, Bitlis, Diyarbakr, Elaz, Erzincan, Erzurum, Gaziantep, Giresun, Gmhane, Hakkri, Kars, Malatya, Kahramanmara, Mardin, Mu , Siirt, Sivas, Trabzon, Tunceli, lanlurfa, Van, Bayburt, Batman, rnak, Ardahan, Idr, dan Kilis.

Sekitar 57 juta orang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam pemilihan kota, di mana pemilih memilih walikota, walikota, anggota dewan kota, mukhtars (pejabat lingkungan atau kepala desa), dan anggota dewan yang lebih tua.

Proses pemungutan suara sebagian besar tenang, tetapi  Kementerian Dalam Negeri mengumumkan bahwa empat orang terbunuh dalam sekitar 310 insiden terkait pemilihan nasional pada pukul 3 sore. Dua orang tewas dalam sengketa pra-pemilihan, dalam pernyataan resmi tersebut.

Kantor Gubernur setempat mengeluarkan rilis bahwa seorang pengamat pemilu dan seorang pria lain tewas dalam perkelahian di sebuah tempat pemungutan suara berbasis sekolah di Turki timur.

"Dua warga kami kehilangan nyawa mereka karena perselisihan ... di kotak suara sekitar pukul 10 pagi (0700 GMT)" di distrik Ptrge Malatya," demikian pernyataan Gubernur melalui  situs webnya. Pasukan keamanan menangkap empat tersangka sehubungan dengan tewasnya mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x