muthiah alhasany
muthiah alhasany Writer/blogger, traveller, politician. Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. (email: ratu_kalingga@yahoo.co.id)

Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal WA: 08881818757

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Obat Herbal untuk Penyakit Musim Dingin di Turki

8 Januari 2019   13:53 Diperbarui: 9 Januari 2019   07:34 706 8 0
Obat Herbal untuk Penyakit Musim Dingin di Turki
Bahan obat herbal (dok sabahdaily)

Negara yang memiliki empat musim seperti Turki harus mengantisipasi penyakit yang timbul akibat perubahan iklim. Namun karena sudah berabad-abad mengalami hal itu, masyarakat Turki telah mempunyai obat alami yang diturunkan nenek moyang. Misalnya untuk penyakit di musim dingin ini.

Ada fenomena dalam setahun terakhir, banyak penyakit yang timbul dan menyerang di musim dingin. Ilmuwan memperkirakan beberapa jenis virus telah berkembang pesat. Tentu saja hal ini mengancam kesehatan rakyat Turki dan memengaruhi aktivitas mereka.

Sebagian besar serangan penyakit dialami oleh anak-anak atau remaja. Kalau mereka sakit, otomatis mengguncang pertahanan rumah tangga. Orang tua akan kesulitan menangani, dengan membagi waktu untuk bekerja dan aktivitas lain. 

Pencegahan merupakan hal terbaik sebelum penyakit merusak ketentraman keluarga. Karena itu masyarakat Turki menggunakan obat-obatan herbal yang terbuat dari tanaman. Mereka mengikuti resep para orang tua yang telah digunakan turun temurun.

Secara teori, dalam musim dingin kita dipaksa mengenakan pakaian berlapis-lapis untuk menjaga kehangatan tubuh. Maklum suhu bisa anjlok hingga di bawah 0 derajat. Tetapi hal ini justru mengakibatkan kulit kurang mendapat udara, tertutup oleh lapisan pakaian.

Kurangnya interaksi dengan udara menyebabkan beberapa bakteri atau kuman tumbuh dengan baik. Salah satu bakteri yang paling cepat berkembang biak adalah bakteri Patogen. Hal ini yang kurang disadari oleh sebagian masyarakat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, penyakit yang paling banyak menyerang di musim  dingin adalah influenza. Antara lain; flbiasa, virus pernapasan syncytial (RSV), yang mengarah ke infeksi di paru-paru dan saluran pernapasan. 

Selain itu ada infeksi gastrointestinal yang disebabkan oleh rotavirus dan norovirus.  Penyakit ini lebih sering menyerang  antara bulan Desember dan Maret. Kabar baiknya adalah kita  dapat mengurangi resiko penyakit dengan menjaga kebersihan yang baik, sering mencuci tangan dan menahan diri untuk menyentuh wajah dan mata Anda.

Sedangkan kabar buruknya, ternyata patogen udara dapat mengakali pencuci tangan yang paling rajin sekalipun. Penelitian telah menemukan bahwa lingkungan yang dingin dan kering memungkinkan mikroba patogen, dihembuskan dari orang yang terinfeksi melalui batuk, bersin atau bahkan tertawa, tetap hidup lebih lama.

Fakta bahwa kita tinggal di dalam rumah untuk waktu yang lama di musim dingin memperparah masalah, memaksa kita untuk terus menghirup udara yang sama dengan orang-orang di sekitar kita. Sayangnya, "zona pernapasan" yang terkontaminasi, radius 3 sampai 6 kaki di sekitar orang yang terinfeksi, hampir tidak mungkin untuk dihindari di kantor yang ramai atau ruang kelas yang sempit.

Kesehatan kekebalan tubuh

Idealnya, jika kita bisa menahan diri dari sakit adalah memberikan dorongan sistem kekebalan.  Sistem kekebalan membutuhkan  keseimbangan dan harmoni . Para peneliti sedang mengeksplorasi efek dari diet, olahraga, usia, tekanan psikologis dan faktor-faktor lain pada tanggapan kekebalan, baik pada hewan dan pada manusia. 

Sementara itu, strategi hidup sehat secara umum adalah cara yang baik untuk mulai memberikan sistem kekebalan. Jadi, jika kebiasaan pola hidup sehat mengarah ke sistem yang seimbang. Walau begitu, bila telah mencuci tangan, kita bisa saja tetap terserang bakteri Patogen. 

Teh Linden

Salah satu minuman paling populer, ketika Anda merasa di bawah cuaca di Turki, adalah teh linden, atau "hlamur" dalam bahasa Turki. Bunga-bunga kering dan daun-daun pohon linden, yang asli ke negara itu, dimasukkan ke dalam air panas untuk membuat teh herbal.

Teh ini memberikan efek  yang menyenangkan, dan  tinggi antioksidan. Sebuah penelitian  oleh Journal of Food and Biochemistry menemukan bahwa teh ini efektif melawan berbagai strain bakteri dan ragi, yang berarti berpotensi memiliki kekuatan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa linden mengandung zat lengket yang disebut lendir yang membantu meredakan selaput yang meradang di mulut dan tenggorokan. Dan ada beberapa bahan yang bisa ditambahkan.

Seringkali, batang kayu manis atau jahe segar, serta irisan apel, pir, quince atau lemon, ditambahkan ke dalam teh, memberi  rasa dan vitamin mereka ke dalam campuran. Sebagai bonus, karena herbal, itu juga bebas kafein. Teh linden dapat ditemukan di setiap pasar di seluruh negeri.

Kefir

Tidak ada sistem pencernaan Anda kembali ke jalur seperti kefir. Berasal dari bagian Eropa Timur dan Asia Barat Daya, minuman fermentasi ini dinamai berdasarkan kata Turki keyif, yang berarti sukacita. Kefir benar-benar makanan super. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2