muthiah alhasany
muthiah alhasany writer/blogger, traveller, politician. Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Gerakan Penghematan ala Wali Kota Istanbul, Bersepeda ke Tempat Kerja

14 September 2018   20:51 Diperbarui: 15 September 2018   16:45 1324 5 2
Gerakan Penghematan ala Wali Kota Istanbul, Bersepeda ke Tempat Kerja
Walikota Istanbul, Murat Aydin (dok.sabahdaily)

Satu contoh yang baik dari seorang pemimpin telah diberikan oleh Wali Kota distrik Zeytinburnu, Istanbul. Dia menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor dan keperluan lainnya.

Murat Aydin sudah empat bulan ini gowes kemana mana. Tepatnya sejak 30 April 2018 yang lalu. Ia memutuskan meninggalkan mobil dinasnya dan mulai bersepeda.

Tercatat sejak saat itu hingga sekarang, dengan gerakan bersepeda ia melakukan penghematan bahan bakar senilai 132.000 Lira Turki atau setara dengan 20.500 Dolar AS. Ia sendiri rata rata mengayuh 10 km per hari dan berhasil menyelamatkan 19.273 liter bahan bakar.

Wali Kota ini menggunakan sepeda tidak hanya ke kantor, tetapi juga ketika menyambangi masyarakat, melakukan kunjungan kunjungan atau berkeliling memantau keadaan. Hampir seluruh stafnya, mengikuti gerakan ini, beramai ramai gowes ke kantor.

Murat Aydin juga menganjurkan hal yang sama untuk masyarakat di wilayah itu. Ia ingin masyarakat lebih mengutamakan bersepeda ketika bepergian di dalam kota. Murat Aydin mencontohkan kebiasaan bersepeda yang telah lama diterapkan di Perancis dan Belanda.

Berkat gerakan bersepeda ini, banyak hal positif yang didapatkan. Antara lain, para penduduk menjadi lebih sehat dan juga mengurangi resiko obesitas.

Dampak positif lainnya adalah meminimalisir kecelakaan lalulintas di wilayah itu. Bahkan kecepatan berkendara di Zeytinburnu hanya berkisar antara 20 hingga 30 km per jam.

Menurut Murat Aydin, gerakan bersepeda ini adalah solusi paling realistis untuk mengatasi gejolak ekonomi yang sedang mengguncang Turki. Dengan melakukan penghematan bahan bakar dari kendaraan bermotor. 

Masyarakat bisa merasakan manfaatnya secara langsung, uang yang tersimpan justru dapat digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting. Tubuh yang sehat dan bugar juga berarti penghematan karena kecil kemungkinannya ke dokter atau rumah sakit yang membutuhkan biaya tinggi.

Pencanangan gerakan bersepeda ini memang tidak main-main. Wali Kota tersebut malah membuka kursus gratis belajar bersepeda. Selama ini penduduk Turki memang jarang bersepeda sehingga banyak yang tak tahu bagaimana menggowes.

Kursus gratis belajar sepeda tersebut disambut gembira oleh para penduduk. Sebanyak 1500 orang telah mengikuti kursus bersepeda. Jalan jalan di Zeytinburnu sekarang dipenuhi orang-orang yang menggunakan sepeda.