muthiah alhasany
muthiah alhasany writer/blogger, traveller, politician. Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

ITC Depok, Lokasi Belanja Favorit Masyarakat Depok

9 Juni 2018   11:40 Diperbarui: 9 Juni 2018   11:43 284 3 1
ITC Depok,  Lokasi Belanja Favorit Masyarakat Depok
(nusantaran.com)

Depok adalah kota di Selatan Jakarta yang semakin padat.  Pertumbuhan jumlah bangunan perumahan,  diiringi dengan berdirinya pusat pusat perbelanjaan.  Depok memiliki beberapa mal yang menjadi tempat wisata belanja. 

Mal termegah dan termewah adalah Margo City,  yang terletak di jalan Margonda raya.  Mal ini juga satu komplek dengan hotel Margo yang baru dibangun.  Margo City biasanya adalah tempat belanja kaum menengah ke atas penduduk Depok. 

Di seberang Margo City ada Detos (Depok Town Square)  yang berdiri lebih dahulu.  Harga harga di mal ini relatif lebih murah dan terjangkau.  Detos sering menyelenggarakan berbagai event yang disukai anak anak muda. 

Namun mal yang pertama kali ada di Depok adalah Depok Mal yang sekarang sudah diperbarui menjadi D'Mall.  Kalau dahulu menyasar golongan menengah ke bawah,  sekarang justru membidik golongan menengah ke atas.   Di belakang Mal ini ada bangunan apartemen baru. 

Sedangkan mal paling favorit bagi semua orang Depok adalah ITC Depok.  Lokasi gedung ITC memang sangat strategis.  ITC ini berada di sebelah terminal Depok dan di belakangnya adalah stasiun Depok Baru.  Jadi,  gedung ini sering dilewati oleh para penumpang kedua moda tersebut. 

ITC Depok memang tidak mewah dan megah.  Di dalamnya ratusan kios kecil berjejer.  Ukurannya rata-rata 2x3 meter.  Tapi diisi dengan dagangan yang padat. 

Karena itulah,  apa yang dijajakan di ITC Depok  sangat bervariasi.  Aneka jenis pakaian hingga aneka jenis makanan.  Stok nya jauh lebih lengkap dari pusat perbelanjaan yang lain. 

Dan yang paling utama adalah harganya yang lebih murah.  Harga harga pakaian di sini hanya beda tipis dengan pasar Tanah Abang.  Kalau ke Tanah Abang butuh ongkos lebih banyak,  malah lebih praktis membeli baju di sini.  

Kios pakaian (dok.itcdepokwebsite)
Kios pakaian (dok.itcdepokwebsite)

Penduduk Depok tidak perlu ke Tanah Abang yang lokasinya jauh.  ITC cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka.  Selain itu,  di sini juga terdapat super market Carefour yang menempati dua lantai. 

Di lantai paling atas merupakan tempat konsumen mencari gawai atau gadget.  Dari smartphone terbaru sampai dengan barang seken.  Tersedia pula asesoris dan servis,  lengkap sekali. 

Jangan heran jika menjelang lebaran ini ITC  Depok sangat padat dengan pengunjung.  Orang orang yang berbelanja datang dari arah Citayam,  Sawangan,  Cinere,  Cimanggis dsb.  Mereka semua tumplek ke sini mencari baju lebaran untuk keluarga. 

Sepuluh hari sebelum lebaran,  kepadatan pengunjung ITC Depok hampir sama padatnya dengan Tanah Abang.  Maklum aksesnya paling mudah.  Mereka bisa naik angkot atau commuter line. 

Resiko nya bagi kita adalah kemacetan yang luar biasa sepanjang Margonda.  Terutama antara lampu merah pertigaan Apotik sampai lampu merah STM.  Para pengguna jalan,  sebaiknya menghindari area ini.