muthiah alhasany
muthiah alhasany writer/blogger, traveller, politician. Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Ketika Shakira Menolak Konser di Israel

5 Juni 2018   18:50 Diperbarui: 5 Juni 2018   18:54 316 3 0
Ketika Shakira Menolak Konser di Israel
Shakira (dok.memo)

Kekejaman tentara Israel yang terus menerus membunuh rakyat Palestina telah diketahui dunia internasional.  Hal ini mengundang para tokoh,  cendekiawan hingga seniman.  Tak terkecuali para musisi terkenal dari berbagai negara. 

Begitu pula dengan Shakira,  penyanyi wanita paling tersohor dari negara Colombia.  Dia membatalkan konser di Tel.  Aviv,  Israel tahun ini.  Shakira diundang dalam rangka merayakan 70 tahun negara zionis tersebut. 

Shakira memenuhi anjuran lembaga kebudayaan Palestina di negaranya.  Lembaga yang digerakkan oleh anak anak muda Palestina ini telah menghimbau Shakira agar tidak menerima tawaran konser apa pun dari Israel.  Shakira menyambut baik usulan tersebut. 

Dengan senang hati  Shakira bergabung dengan gerakan BDS (Boycott   Divestments and Sanctions)  yang sedang  fenomenal.  Gerakan ini untuk menentang  penindasan Israel atas bangsa Palestina.  Gerakan ini pun telah muncul  di setiap negara. 

Shakira,  penyanyi yang terkenal dengan lagunya  waka waka ini mengikuti berita berita yang terkait dengan  Palestina.  Dia sedih dengan banyaknya korban yang terus berjatuhan.  Karena itulah dia memutuskan untuk ambil bagian dalam gerakan  BDS. 

Para artis  terkenal yang tergabung dalam gerakan ini seperti Madonna,  Lorde,  Natalie Portman,  Gilberto Gil dll.  Bahkan direktur teater nasional Portugal,  Tiago Todrigues mendukung gerakan ini. Mereka juga ikut menyumbang dalam berbagai bentuk,  dari lagu,  dan dana yang tidak sedikit. 

Artis artis Holywood  yang sudah sejak dahulu mendukung Palestina adalah Cold Play yang menciptakan lagu Freedom Palestina.  Selain itu ada Selena Gomez,  Zayn Malik,  Penelope Cruze,  Whoopi Goldberg,  Rob Schneider,  John Steward,  Lupe Fiasco dll.

 Eric Cantona bahkan memberi pernyataan tegas bahwa Israel harus diadili. 

"Sudah saatnya menghentikan Israel dan menuntut standar kesetaraan,  keadilan serta penghormatan yang sama terhadap hukum internasional, " kata Eric  Cantona.