Mohon tunggu...
Muthiah Alhasany
Muthiah Alhasany Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat politik Turki dan Timur Tengah

Pengamat politik Turki dan Timur Tengah. Moto: Langit adalah atapku, bumi adalah pijakanku. hidup adalah sajadah panjang hingga aku mati. Email: ratu_kalingga@yahoo.co.id IG dan Twitter: @muthiahalhasany fanpage: Muthiah Alhasany"s Journal

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Cantik Lahir dan Batin Itu Mesti

3 April 2018   23:11 Diperbarui: 3 April 2018   23:16 1619
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampil cantik ala saya (dok.pri)

Siapakah perempuan yang tidak ingin selalu dikatakan cantik? Walau pun dia seorang tomboy, pasti senang  jika orang lain memujinya cantik. Begitu pula dengan saya, yang notabene perempuan asli, tidak menolak jika dikatakan cantik. Bahkan dalam usia saya yang merangkak menuju setengah abad.

Cantik itu tidak harus seperti  fotomodel, artis atau pun bintang film. Kalau dibandingkan mereka, jelas saya kalah jauh. Namun bukan berarti saya tidak mampu untuk  mempercantik diri dan kelihatan cantik di mata orang lain. Saya membentuk citra diri sebagai perempuan cantik dengan versi saya sendiri.

Bagi saya cantik itu harus secara lahir dan batin.  Ada keseimbangan antara lahiriah dan batiniah. Jika tidak ada keseimbangan, maka akan terjadi ketimpangan dalam kepribadian. Maka kita bisa melihat berapa banyak wanita yang cantik secara lahiriah, tetapi mempunyai perilaku yang buruk.  Sebaliknya, wajah yang pas-pasan, didukung kecantikan batin, memancarkan aura kecantikan  tersendiri.

Karena itu, saya selalu menjaga keseimbangan itu. Saya ingin cantik lahir dan batin. Dan yang menilai kecantikan saya secara  utuh adalah orang lain, yaitu orang-orang yang mengenal saya dengan baik. Maka saya mengucap syukur jika saya dianggap cantik.

Cara Saya Menjaga Kecantikan lahiriah

Fisik atau bagian-bagian tubuh memerlukan perawatan-perawatan yang intensif. Perawatan ini tidak terbatas pada wajah saja, tetapi dari ujung kuku sampai dengan ujung rambut. Wow, sepertinya untuk itu menghabiskan waktu dan biaya.

Namun saya bukan orang kaya dan juga tidak memiliki waktu luang untuk merawat diri secara ideal seperti yang dilakukan para selebriti atau sosialita. Saya hanya orang yang berkelana di jalan raya dan memulung kata-kata. Jika ada rejeki berlebih, barulah ada kesempatan untuk pergi ke salon yang memakan biaya.

Tidak dipungkiri, bahwa saya membutuhkan peralatan kecantikan seperti halnya make up.  Ada beberapa perlengkapan yang harus tersedia. Misalnya lipstick untuk memoles bibir, pelembab dan  bedak, lotion dsb. Mungkin tidak selengkap milik perempuan lainnya, tapi setidaknya tersedia perlengkapan dasar dari make up.

Beberapa tips penting dari saya:

1. Untuk perawatan kulit dari luar, saya menggunakan lotion pelembab, teruatma jika akan keluar rumah. Cuaca yang panas dan kering membuat kulit juga kehilangan kelembaban. Wajahpun harus diolesi pelembab, karena yang pertama menerima sinar matahari. Setelah itu baru menggunakan bedak dan lipstick.

2. Setelah bepergian sehari penuh, saya tidak lupa membersihkan wajah. Setelah mencuci wajah dengan sabun khusus, lalu dibersihkan dengan cleanser dengan merek tertentu yang cocok untuk saya.  Jangan tergoda pada merek yang mahal, yang penting cocok dengan kulit yang dimiliki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun