Mohon tunggu...
emnis wati
emnis wati Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Seorang guru dari SDN 012 Surya Indah di Kecamatan Pangkalan kuras. Sekarang pindah ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Pengawas sekolah Dasar di Kabupaten Pelalawan. Saat ini tengah menekuni belajar menulis cerpen. Motto: Belajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Ternyata Menulis Cerpen Itu Mudah Lho!

19 September 2022   10:27 Diperbarui: 19 September 2022   10:41 134 18 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ternyata Menulis Cerpen Itu Mudah

Supaya tidak penasan mari kita baca tuntas ulasannya

Menurut KBBI, menulis adalah melahirkan atau perasaan, sebagai contoh  mengarang dan membuat surat. Semua itu kita lahirkan atau buat melalui tulisan, yang biasa kita sebut mengarang cerita.

Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai seseorang. Pada pembelajaran bahasa Indonesia, siswa dituntut supaya  terampil dalam menulis. Keterampilan menulis tentunya akan optimal bila dilakukan secara berkesinambungan juga latihan yang kontinu.

Diantara keterampilan menulis yang bisa dikembangkan untuk siswa sekolah Dasar, sekolah atas dan sekolah menengah adalah menulis cerita pendek. Kemampuan menulis sebenarnya telah dimiliki oleh setiap siswa yang telah menduduki bangku sekolah, tetapi tidak semua siswa mampu dan terampil menulis cerpen. Ternyata sampai saat ini, masih banyak siswa yang kesulitan ketika diminta untuk menuangkan pikiran melalui cerita pendek.

Banyak masalah yang kita jumpai ketika siswa diminta untuk menulis cerpen. Permasalah yang paling banyak ditemui adalah sulitnya menemukan ide untuk menulis.

Cara memunculkan ide menulis adalah sebagai berikut
1. Membaca, dengan banyak kita akan menemukan ide untuk bisa menulis.
2.Mendengar cerita orang lain, mendengarkan cerita seseorang kita juga akan menemukan ide.
3. Mengamati, amati apa yang ada disekitar kita yang merupakan pengalaman kita sendiri. Dengan mengamati sesuatu secara otomatis muncullah ide cemerlang yang akan kita tuliskan.

Bisa saja dimulai dari  kebiasaan kecil dulu. Sebenarnya kita sudah terbiasa menulis.  Contoh nyatanya kegiatan menulis yang banyak dilakukan orang adalah menulis diari. Dalam menulis diari sebenarnya kita telah memunculkan ide dan mengasah keterampilan menulis.

Kita bisa memulai sebuah tulisan dari pengalaman keseharian kita sebagai ide yang nantinya dikembangkan menjadi sebuah tulisan dengan menambahkan berbagai unsur pembangun sebuah cerita.

Dalam menulis cerita pendek dapat kita mulai dari hal yang begitu dekat dengan diri kita sendiri. Yang kita lihat dan alami.

Mudah bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan