Mohon tunggu...
Denny Boos
Denny Boos Mohon Tunggu... Administrasi - Profesional

Perempuan asal Tobasa. Menyukai hal-hal sederhana. Senang jalan-jalan, photography, sepedaan, trekking, koleksi kartu pos UNESCO. Yoga Iyengar. Teknik Sipil dan Arsitektur. Senang berdiskusi tentang bangunan tahan gempa. Sekarang ini sedang ikut proyek Terowongan. Tinggal di Berlin.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Artikel Utama

Apa Salahnya Pacaran dengan Bule?

15 Desember 2015   08:13 Diperbarui: 19 Februari 2016   08:42 2193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah baca postingan ku di page facebook yang sengaja kubuat-buat ngumpulin cerita iseng, si kakak dari US nanya dan mengingatkan juga. Tampaknya dengan rada serius pula kali ini, "Dek, kamu sering nginap di tempat si abang?"

Kutanya, "kenapa Kakak?"

Itu tulisanmu bilang gitu. Aku bilang lagi, "loh siapa bilang kalo di Berlin harus selalu tinggal sama dia, lagian kenapa takut juga sama dia?"

"Orang berasumsinya bisa macam-macam dek! Kita orang Asia!" katanya lagi.

Ternyata, aku yang suka merasa-rasa sudah cukup tua menentukan sikap ini masih juga dibuat serba salah. Si abang dan keluarga nya memang di Berlin, walau dia kerjanya di selatan Jerman.

Tapi yang pasti, kalo aku minta nginap di salah satu tempat mereka sejauh ini masih belum ada yang keberatan, buktinya aku masih dikasi kepercayaan pegang dua kunci apartemen berbeda. Maksudnya biar bisa disapuin dan dipel kalo datang, nggak perlu bilang-bilang atau tunggu perintah, haha.

Jadi ingat kembali tentang masa dulu ketika pertama kali pacaran sama orang Jerman. Ya, memang mantan pacar pertama saya orang Jerman. Aku mulai pacaran setelah pertengahan kuliah master nya dulu dan kebetulan orang Jerman.

Aku banyak travel sama dia, banyak kenal negara-negara selain Jerman. Artinya, kami menghabiskan waktu banyak dalam perjalanan dan juga nginap di banyak tempat yang sama. Tapi apakah itu berarti aku "tidur" sama dia? NO! Never! Aku keras kepala? Belum tau kalo itu nama depan ku?

Saat itu, aku hanya berprinsip, kalo pria itu mencintaimu, dia akan menunggu waktu tepat untuk segala sesuatunya. Itu saja yang bisa kukatakan. Dan itu pun aku alami kembali ketika dulu dekat dengan seorang professor. Bukan lantaran dia professor yang sudah profesional, termasuk memahami kepribadian seseorang atau dengan pengalaman yang lebih banyak dengan beda umur 12 tahun, bukan! Prinsip kita bisa kemukakan dengan baik dan sopan.

Dan pahitnya, kalau memang tidak bisa diterima, kan kita juga bisa ambil sikap di awal. Dan buktinya, aku bisa jalan sama dia saat itu. Persoalan nginap di bawah satu atap bukan menakutkan. Sayang, aku mundur dari dia karna aku tidak ingin mengulang kondisi yang sama seperti orangtua ku, punya selisih umur jauh dan aku sebagai anak bungsu merasa kurang waktu bersama yang banyak dengan bapak ku. Aneh sih kata orang alasanku ini, karena umur di tangan Tuhan, tapi ya itu yang kupikirkan sebelum mundur.

Dan bagaimana cerita mantan pertama ku? Sekarang dia jadi kakak ipar ku, dulu pernah sekilas cerita kalau kakak ku berjodoh dengan dia. Sekarang aku bisa berkata, betapa prinsip harus dipertahankan selama itu benar menurut hati dan terutama agama. Apa jadinya kalo aku sudah terlanjur "bebas" sama dia bukan? Dan yang pasti, sekarang kami tetap bisa jadi teman dekat dan teman curhat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun