Mohon tunggu...
Emmanuelle Rendi Wijaya
Emmanuelle Rendi Wijaya Mohon Tunggu... Berbagi perspektif dari seorang mahasiswa ekonomi

Tulisan berasal dari kacamata mahasiswa semester 7 di fakultas ekonomi + seorang pengusaha awam yang punya usaha coffee shop di Surakarta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Begini Pelaksanaan KKN oleh UNS di Masa Covid-19

4 Agustus 2020   00:05 Diperbarui: 4 Agustus 2020   00:01 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Begini Pelaksanaan KKN oleh UNS di Masa Covid-19
Penempelan poster mengenai cara cuci tangan yang benar di tempat makan Burjo Galak

(Solo, 3/8/2020), Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tentu dilakukan secara rutin dan menjadi syarat wajib kelulusan oleh mahasiswa sebagian besar Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kuliah Kerja Nyata (KKN) sendiri memiliki pengertian sebagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. Karena adanya pandemi Covid-19 ini, pelaksanaan KKN tentu mengalami perubahan di setiap universitas karena larangan untuk berpergian dan juga pengumpulan massa. Universitas Sebelas Maret, Surakarta menamainya dengan KKN relawan tanggap Covid-19. Tujuannya yaitu kontribusi mahasiswa terhadap masyarakat sekitar agar memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai Covid-19 dan bagaimana pemutusan rantai penyebarannya. Kegiatan KKN Covid-19 ini juga dilakukan melalui ruang gerak seadanya, dan tetap patuh pada protokal kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Emmanuelle Rendi Wijaya, selaku penulis dan juga mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UNS telah melaksanakan KKN Covid-19 ini selama 45 hari yaitu dari tanggal 15 Juni hingga 30 Juli 2020 dengan fokus "Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19 dan Bagaimana Pencegahannya Serta Persiapan Menghadapi Era New Normal" berlokasi di Ngoresan, Jebres, Surakarta. Sesuai kebijakan UNS bahwa dalam pelaksanaan program KKN, mahasiswa dikelompokkan sesuai dengan tempat tinggalnya.

Selama pelaksanaan KKN Covid-19 di Jebres, Surakarta, penulis melaksanakan berbagai program kerja yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) diantaranya, (1) Melakukan penyebaran informasi yang sifatnya edukatif terkait pemahaman Covid-19 yang benar serta cara-cara pemutusan rantai penularannya. Dilakukan secara daring melalui media sosial, (2) Menjelaskan bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah sesuai dengan anjuran WHO dan juga menggunakan rumus kedokteran, (3) Pembagian hand sanitizer gratis kepada tempat-tempat sekitar yang berpotensi terdapat pengumpulan massa, contohnya seperti  warung makan (Burjo), (4) Penempelan poster edukatif tentang cara mencuci tangan dengan benar di titik-titik strategis, (5) Penempelan poster edukatif mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di titik-titik strategis, (6) Pembagian masker gratis kepada warga sekitar yang membutuhkan.

Terbatasnya ruang gerak karena Covid-19 ini menuntut penulis untuk melakukan program kerja yang sederhana melalui daring dan media sosial. Penulis diberi kesempatan untuk memberikan edukasi melalui grup Whatsapp Ibu-ibu PKK RT 01 / RW 013, Jebres, Surakarta untuk memberikan informasi langsung dan berdiskusi dua arah terkait apa yang dibutuhkan di era Covid-19 ini. Agenda kegiatan penulis disambut sangat hangat oleh Ketua RT setempat, Yatin Mulyatno, dimana penulis juga berdialog mengenai informasi serta meterial apa yang perlu diberikan kepada masyarakat setempat.

Pembagian hand sanitizer kepada warung makan sekitar yang masih aktif beroperasi
Pembagian hand sanitizer kepada warung makan sekitar yang masih aktif beroperasi
Adanya pembagian masker dan juga hand sanitizer kepada warga sekitar rupanya mendapatkan respon yang positif dan berdampak baik. Warga menjadi lebih paham mengenai Covid-19 dan bagaimana pencegahannya, serta disadarkan kembali terkait bahayanya virus ini dan bagaimana warga harus tetap disiplin dalam protokol kesehatan. Meskipun terkendala ruang gerak yang sempit dan juga dana yang minim akibat Covid-19 ini, kegiatan KKN Covid-19 ini dilaksanakan oleh UNS sebagai bentuk dukungan kebijakan pemerintah saat pandemi ini demi pemutusan rantai penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x