Mohon tunggu...
Emi Masruroh
Emi Masruroh Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah salah satu guru Bahasa Inggris di SMA N 7 TEBO. Saya sangat suka travelling.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik Menggunakan Metode STAR

24 Januari 2023   22:57 Diperbarui: 24 Januari 2023   22:57 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi                                          : SMA N 7 TEBO

Lingkup Pendidikan              : Sekolah Menengah Atas 

Tujuan yang Ingin Dicapai :

Melalui proses pembelajaran materi teks Analytical exposition dengan menggunakan Model Problem Based Learning dan pendekatan Scientific, peserta didik dengan bersyukur diharapkan jujur, teliti dan objektif, mampu bekerja sama, serta terampil dalam membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks Analytical exposition terkait isu aktual sesuai dengan konteks penggunaannya.

Penulis                                       : Emi Masruroh

Tanggal                                     : 23 januari 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

1. Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

  • Rendahnya motivasi siswa dalam belajar bahasa inggris
  • Kemampuan siswa dalam menganalisis teks Analytical exposition  masih rendah.
  • Sebagian besar siswa cenderung pasif saat proses pembelajaran berlangsung karena kurang percaya diri dengan kemampuan dasar yang dimiliki siswa
  • Cara guru dalam menyajikan materi masih bersifat monoton/konvensional dan kurang menggunakan media yang menarik

2. Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan

  • Sebagai referensi dan inspirasi yang bermanfaat bagi guru lain. Karena menurut pendapat saya masalah yang sama sering terjadi dan dialami oleh setiap guru mata pelajaran Bahasa Inggris.
  • Agar guru dapat membedakan dan menerapkan metode pembelajaran yang berbeda dan tepat untuk digunakan pada materi-materi tertentu dengan cara inovatif.
  • Memberikan kesempatan bagi guru untuk berimprovisasi dalam menyusun dan menyajikan materi ajar serta dalam proses pembelajaran.
  • Untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi yang diberikan saat proses pembelajaran berlangsung sehingga siswa lebih aktif terlibat dalam melakukan setiap tahapan proses pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran yang tepat.
  • Melalui model dan metode yang diterapkan, guru dapat menambah rasa percaya diri siswa dengan adanya diferensiasi materi dan tugas sesuai tingkat pengetahuan, minat, dan bakat siswa yang dapat mempermudah peserta didik dalam menyerap pengetahuan pada materi yang diberikan dan mempermudah siswa dalam menuangkan ide/gagasan dan proyek Yang dikerjakan.

3. Peran dan Tanggung jawab Guru dalam Praktik ini

  • Mengembangkan kemampuan dan teknik mengajar khususnya dalam menerapkan model Problem Based Learning sesuai sintaks dalam pembelajaran sehingga proses pembelajaran berjalan sebagaimana mestinya.
  • Menumbuhkan minat dan ketertarikan belajar siswa untuk lebih aktif saat proses pembelajaran berlangsung dimana pembelajaran menggunakan teknik inovatif dan materi yang disajikan ditampilkan dalam bentuk power point, audio visual selain itu materi yang diberikan dikembangkan dan ditampilkan dengan bentuk yang menarik dan berbeda.
  • Menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam mempraktikan bahasa inggris dengan baik secara tulis maupun lisan dengan menggunakan model Problem Based Learning

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun