Mohon tunggu...
Emil Siallagan
Emil Siallagan Mohon Tunggu... Mahasiswa Tugas Belajar -

"Calon Kasubsi"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mau Sukses? Jangan Takut

18 Mei 2016   09:51 Diperbarui: 18 Mei 2016   09:58 24 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Rasa takut merupakan salah satu emosi dasar manusia selain kebahagiaan , kesedihan dan kemarahan. Setiap orang mempunyai perasaan takut, namun kadar ketakutan setiap manusia berbeda-beda. Tingkat ketakutan saya mungkin tidak terlalu berlebihan,namun jika melihat ibu saya sering sekali terlihat ketakutan yang berlebihan. Ketakutannya terutama telah menyangkut anak-anaknya, namanya juga orang tua. Sebenarnya rasa takut yang berlebihan sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kita baik secara jasmani maupun rohani. 

Rasa takut juga menghambat seseorang untuk maju, kadang dalam melakukan hal-hal baru harus berpikir seribu kali padahal hal tersebut adalah hal-hal yang biasa dilakukan banyak orang.Perasaan takut juga membuat kita enggan melangkah lebih jauh, saat kita ingin melangkah, akibat rasa takut yang berlebihan kita mengurungkan langkah tersebut. Tahukah anda bahwa sebenarnya setiap orang mewarisi pengaruh berupa enam ketakutan dasar dari nenek moyang kita. Rasa takut selain dari enam dasar ini bisa kita kategorikan sebagai takut yang tidak terlalu besar. Enam ketakutan dasar ini terus berlipat ganda dan sumbernya diyakini terus bertambah. Enam ketakutan dasar itu adalah :

1.Takut Miskin

 Takut miskin adalah salah satu ketakutan turun temurun manusia, atau bahwa ketakutan ini berakar dari kebiasaan manusia mengkhianati sesama manusia. Maka, jelas bahwa orang tidak akan pernah takut miskin jika punya landasan yang kuat untuk saling mempercayai orang-orang.

2.Takut menjadi Tua

 Orang yang takut menjadi tua memiliki ketakutan didasari ketidakpercayaan pada orang lain bahwa mereka akan merampas kepemilikan duniawinya saat ia sudah tidak kuasa lagi mempertahan kejayaanya karena dimakan usia. Selain itu, muncul gambaran mengerikan dari dunia yang akan dialaminya setelah meninggal. Karena hal itu kebanyakan manusia takut akan hari tua.

3.Takut Dikritik

 dan mengkritik adalah hal yang biasa bagi sebagian orang, namun bagi sebagian orang kritik terkadang membuatnya merasa tidak nyaman.Perasaan takut dikritik bisa muncul dalam berbagai bentuk yang berbeda. Kebanyakan berupa hal-hal yang sangat biasa dan alami sehingga pengaruhnya tidak terlalu terasa. Ada juga yang sangat ekstrem hingga yang dikritik lalu bersikap kekanak-kanakan.

4.Takut Kehilangan Cinta

 Rasa takut ini biasanya mendapatkan tempat diorang-orang yang cemburu secara berlebihan. Tak diragukan, cemburu dan semuabentuk serupa lain kegilaan ringan tumbuh dari rasa takut kehilangan cinta seseorang. Namun cinta yang berlebihan terhadap seseorang terkadang tidak baik dan membuat orang tersebut menjadi rentan.

5.Takut Kesehatan Semakin Memburuk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan