Mohon tunggu...
Emilda
Emilda Mohon Tunggu... Mahasiswi UIN Imam Bonjol Padang

Mahasiswi UIN Imam Bonjol Padang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips Tetap Semangat Melaksanakan Ibadah Setelah Ramadhan

14 Juni 2021   23:31 Diperbarui: 14 Juni 2021   23:31 42 1 1 Mohon Tunggu...

       Bulan suci Ramdhan adalah bulan dimana kemulian dan keberkahan yang sangat melimpah pada bulan ini. Di bulan Ramdhan ada banyak amalan yang bisa dilakukan umat muslim untuk mendapat pahala yang berlimpah . Melakukan ibadah puasa dan melakukan sholat sunat tarwih.

    Setelah kita melewati bulan suci Ramdhan, kita memasuki bulan syawal yang penuh dengan suka cita dan kemenangan. Walau bulan Ramdhan sudah meninggalkan kita, sebagai umat muslim kita wajib untuk selalu istiqomah dan bersemangat untuk beribadah kepada Allah dan memperoleh pahala yang berlimpah.

     Ada beberapa tip untuk kita agar selalu tetap semangat menjalan ibadah setelah Ramdhan.

1.Membaca Al- quran setiap hari.

Membaca al- quran dibulan Ramdhan bisa menjadi cara agar tetap semangat dalam beribadah. Meskipun waktu membaca al -quran pada bulan biasa akan berbeda dengan bulan Ramdhan, namun kita harus tetap membacanya. Karna membaca Al- quran akan mendatakan keberkahan dan menenangkan jiwa kita. seperti yang terdapat dalam hadis :

- -

artinya :

"Aisyah radhiyallahu 'anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala" (HR. Muslim).

2.Melakukan Muhasabah diri.

Muhasabah adalah melakukan intropeksi diri sejauh pelaksanaan mana ibadah yang suadah kita lakukan. Apakah ibadah yang kita lakukan sudah terlaksana dengan baik atau masih lalai dalam beribadah. Ini bisa menjadi renungan buat kita kembali niat awal untuk menjaga kesucian dan ketakwaan yang telah dibangun selama Ramdhan.

3.Melakukan puasa sunah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x