Mohon tunggu...
Emanuel Ryan
Emanuel Ryan Mohon Tunggu... Mahasiswa

AMDG

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Demi Menjaga Diri di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN Undip Berikan Puluhan Face Shield Handmade Gratis kepada Warga Kampung Pisang

14 Agustus 2020   18:32 Diperbarui: 14 Agustus 2020   18:46 1 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Demi Menjaga Diri di Masa Pandemi, Mahasiswa KKN Undip Berikan Puluhan Face Shield Handmade Gratis kepada Warga Kampung Pisang
Dok. pribadi

 

Rowosari, Semarang - (28/07/2020) Pada kondisi pandemi ini, masyarakat mulai banyak memberikan kontribusi untuk memutus rantai penularan virus corona. Banyak masyarakat yang sudah mampu memberikan solusi sederhana terhadap pemerintah. Hal ini terbukti dari beberapa lapisan masyarakat yang mulai mandiri mengembangkan usaha untuk penanganan penyebaran wabah virus corona, seperti pembuatan masker kain, pembuatan handsanitizer dari bahan alami dan lain sebagainya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Sebagai bentuk dukungan melawan penularan virus Corona dan pemberdayaan masyarakat di tengah masa Pandemi Covid-19 ini, sebanyak empat mahasiswa Universitas Diponegoro memproduksi puluhan Alat Pelindung Diri yaitu Face Shield yang nantinya akan dibagikan secara gratis kepada para warga di kawasan Kampung Pisang, Kedungsari, Kelurahan Rowosari.

Melalui program KKN, diharapkan pembuatan face shield ini dapat membantu relawan Covid-19 di Kampung Pisang, Kelurahan Rowosari demi menangani pencegahan kasus Covid-19. Proses pembuatan face shield ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing KKN yaitu Ojo Kurdi, S.T., M.T., PhD. Selain itu, pembuatan APD ini juga diawasi oleh Kepala Lurah Rowosari, Ketua RW 08 dan Ketua RT 03 Kampung Pisang melalui via grup Whatsapp.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Untuk pembuatan face shield ini sangat sederhana. Bahan -- bahan yang dibutuhkan hanya mika dengan tebal 0,6-0,8 mm, busa lembut, karet untuk ikat kepala, manik plastik, stiker label dan lem perekat. Selain itu, untuk alatnya sendiri hanya membutuhkan gunting, penggaris dan cutter saja.

Proses pembuatan face shield ini juga dibuatkan video tutorial yang nantinya akan diberikan kepada warga sekitar Kampung Pisang dengan tujuan agar masyarakat dapat bersama-sama saling membantu mencegah penularan virus Corona ini, salah satunya dengan memproduksi alat pelindung diri.

Dibuat Oleh : Emanuel Ryan Nawastya Hantara -- Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x