Mohon tunggu...
Emanuel F. Ola Masan
Emanuel F. Ola Masan Mohon Tunggu... Perawat Kampung

Perawat Kampung

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peringati HUT PPNI ke-46, PPNI Komisariat Witihama Gelar Baksos

17 Maret 2020   17:06 Diperbarui: 17 Maret 2020   17:57 67 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peringati HUT PPNI ke-46, PPNI Komisariat Witihama Gelar Baksos
ppni-5e70ac3e097f3643201c1ea2.jpg

Dunia saat ini lagi disibukan dengan penyebaran virus Corona (Covid 19). Semua perhatian dunia kesehatan khususnya ditujukan kepada penyakit ini. Betapa tidak, WHO telah menetapkan covid 19 menjadi pandemic.

Indonesia pun tidak luput dari penyakit ini. Presiden RI Joko Widodo dalam konferensi pers tanggal 16 Maret, kemarin menghimbau semua masyarakat mengurangi mobilitas, menahan diri untuk tidak keluar rumah, menjaga jarak, menghindari kerumunan. Sekolah-sekolah pun diliburkan, masyarakat dihimbau untuk belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dirumah.

Pada posisi ini, ada profesi yang berada dibarisan terdepan dalam menangani dan memerangi penyakit covid 19 dan penyebaran virus corona ini, yakni Tenaga Kesehatan (Dokter, Perawat, dan tenaga kesehatan lainnya). Yah, tenaga kesehatan berada digarda terdepan dalam menangani penderita corona. Salah satu tenaga kesehatan yang berada dibarisan terdepan dalam merawat dan menangani virus corona adalah PERAWAT.    

Hari ini, tanggal 17 Maret 2020 seluruh Perawat se Indonesia memperingati lahirnya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke 46. Dengan mengusung tema Nasional Perawat Hebat Rakyat Sehat, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi peran serta perawat-perawat  dalam meningkatkan kualitas, mendukung program-program pemerintah (Nawacita), dengan berfokus pada upaya promotif dan preventif. Dengan demikian maka, dapat mempercepat peningkatan derajad kesehatan masyarakat agar terwujud Indonesia Sehat 2025.

Di Kecamatan Witihama, kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, PPNI Komisariat Witihama, melaksanakan aneka kegiatan dalam memperingati HUT PPNI ke 46.

Kegiatan diawali dengan jalan santai bersama semua petugas kesehatan Puskesmas Witihama mengelilingi desa-desa sekompleks Witihama dilanjutkan dengan screening penyakit tidak menular bagi masyarakat pengunjung pasar mirek Kecamatan Witihama.  

ppni-2-5e70aca8097f364fd412b882.jpg
ppni-2-5e70aca8097f364fd412b882.jpg
Sejak awal posko pemeriksaan yang bertempat di tengah pasar mirek dibuka, puluhan hingga ratusan pengunjung mulai berdatangan memadati posko pemeriksaan kesehatan. Laki-laki maupun perempuan yang berjualan dan belanja di pasar mirek berdatangan, ada yang begitu mendengar informasi bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan melalui pengeras suara, datang mengunjungi posko pemeriksaan.  
Selain pemeriksaan kesehatan, juga dibagikan leaflet-leaflet tentang penyakit dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, berupa penyakit-penyakit  PTM, Demam Berdarah dan Covid 19 serta ajakan hidup sehat.
Setelah pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan, para pengunjung diberikan Jus Semangka.
 

ppni-3-5e70acbdd541df23fd68d222.jpg
ppni-3-5e70acbdd541df23fd68d222.jpg
"Kegiatan ini sangat bagus, masyarakat yang jarang mengakses fasilitas kesehatan dapat memanfaatkan kesempatan ini. Perlu dibuat secara berkelanjutan. Trimakasih PPNI, sukses selalu" ujar Mama Anastasia Dasion, salah seorang pengunjung saat itu.
Kegiatan ini juga didukung oleh organisasi profesi lain yang ada di Puskesmas Witihama.

Selamat ulang tahun ke 46 PPNI. Teruslah berkarya, menapaklah dengan keyakinan pasti, kuatkan pribadimu, tingkatkan pengetahuan untuk menghantarkan bangsa menuju sehat semua.

Berdirilah teguh, menjadi yang terdepan dalam memberikan asuhan keperawatan agar tercapai derajad kesehatan setinggi-tingginya bagi warga Negara Indonesia.

Mari terus berusaha menjadi Perawat Hebat, agar terwujud Rakyat Sehat.
Viva PPNI, Jayalah selalu.

Eman Ola Masan.

VIDEO PILIHAN