Mohon tunggu...
Emanuel Alek Sugiarto
Emanuel Alek Sugiarto Mohon Tunggu... Guru - Guru Penggerak Angkatan 5 Kab. Bandung

Mathematics Teacher at TALENTA HIGH SCHOOL Bandung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi & RTL PPG Daljab 2022 Matematika Universitas Syiah Kuala

24 Januari 2023   10:47 Diperbarui: 24 Januari 2023   11:06 655
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Refleksi dan RTL PPG Daljab K1G2 - Matematika - Universitas Syiah Kuala

Emanuel Alek Sugiarto - SMA TALENTA BANDUNG

Fact

Saya Emanuel Alek Sugiarto, mahasiswa PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022 Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Puji Tuhan tahun 2022 merupakan tahun yang penuh berkat sekaligus tantangan bagi saya. Pada bulan April 2022 saya ditetapkan menjadi peserta Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 5, saya menjalani masa pendidikan bulan Mei - Desember 2022. 

Di saat Pendidikan Guru Penggerak belum selesai, tepatnya di bulan November 2022 saya ditetapkan menjadi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Daljab Kategori 1 Gelombang 2 setelah mengikuti serangkaian proses seleksi, mulai dari seleksi akademik, seleksi administratif, sampai proses Lapor Diri ke Universitas penyelenggara. Selama dua bulan saya menjalani secara bersamaan PGP dan PPG. Banyak tantangan yang saya hadapi selama proses pendidikan tersebut, khususnya pada bulan November - Desember 2022. 

Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan berkat dukungan dari rekan-rekan sesama peserta PGP, akhirnya saya dapat menyelesaikan proses Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 pada bulan Desember 2022 yang lalu. PPG sendiri berlangsung selama 3 bulan, yaitu bulan November 2022 sampai dengan bulan Januari 2023 dan saat ini saya masih menjalani proses PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022.

Saya mendapatkan kesempatan mengikuti PPG di Universitas Syiah Kuala yang terletak di Jln. Teuku Nyak Arief, Darussalam, Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Saya mengikuti pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika. 

Di Universitas Syiah Kuala ini saya berproses bersama dosen-dosen yang profesional, berpengalaman, dan senantiasa rendah hati dalam memberikan pelayanan bagi kami para mahasiswa. Kami melaksanakan proses perkuliahan secara daring (pendalaman materi) dan luring (PPL). Saat ini saya masih menjalani proses PPG, hari ini tepatnya tanggal 24 Januari 2023 adalah hari terakhir rangkaian kegiatan refleksi dan rencana tindak lanjut. Setelah ini saya bersama rekan mahasiswa lain akan mengikuti tahapan Uji Kinerja (UKin) dan Uji Pengetahuan (UP) yang masih kami tunggu jadwal pelaksanaannya. 

Seperti yang kita ketahui bersama, Program PPG Dalam Jabatan bertujuan menghasilkan guru sebagai pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif dengan  tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Hal tersebut termuat pada Perdirjen tentang petunjuk teknis Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2021. Sehingga kami berharap nantinya bisa lulus dan menjadi guru yang lebih profesional seperti yang diamanatkan Perdirjen tersebut di atas.

Program PPG Daljab Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022 ini dilaksanakan dengan rangkaian (1) Pendalaman Materi (2) Pengembangan Perangkat Pembelajaran (3) Uji Komprehensif (4) Praktik Pengalaman Lapangan (5) Uji Kinerja, dan (6) Uji Pengetahuan. Tahap pertama, yaitu Pendalaman Materi yang terdiri dari Identifikasi Masalah, Eksplorasi Penyebab Masalah, dan Penentuan Penyebab Masalah. Dalam tahapan tersebut saya memulai dengan mengidentifikasi permasalahan yang saya rasakan/temui pada proses pembelajaran, baik yang pernah atau sedang saya alami.

 Kemudian setelah mendapatkan beberapa permasalahan saya melakukan eksplorasi penyebab masalah yang saya temui tersebut dengan cara melakukan kajian literatur, wawancara ke pihak terkait, menganalis, dan selanjutnya menentukan penyebab masalah dari permasalahan tersebut. Tahapan kedua, yaitu Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang terdiri dari Eksplorasi Alternatif Solusi, Penentuan Solusi, Pembuatan Rencana Aksi, dan Pembuatan Rencana Evaluasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun