Mohon tunggu...
Elyshabet Sekar
Elyshabet Sekar Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Media

Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia memiliki perbedaan loh. Apa perbedaannya? Yuk Simak Penjelasan berikut ini!

14 September 2020   13:37 Diperbarui: 14 September 2020   14:20 76 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia memiliki perbedaan loh. Apa perbedaannya? Yuk Simak Penjelasan berikut ini!
Gambar 1

Pertama-tama, kita akan membahasa tentang jurnalisme online terlebih dahulu. Lalu dilanjut dengan jurnalisme multimedia.

Sebelum menjelaskan perbedaan jurnalisme online dan jurnalisme multimedia, kita harus mengetahui apa itu jurnalisme terlebih dahulu. Apa itu Jurnaslime? Jurnalisme adalah kegiatan atau proses mengumpulkan data/info dengan cara mengamati atau wawancara, lalu mengolah informasi yang telah terkumpul, dan tahapan terakhir adalah menerbitkan berita.

Jurnalisme Oline

Kita perlu mengetahui apa itu online. Online bisa disebut dalam jaringan atau daring. Online merupakan pertukaran informasi yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet. Jurnalisme online dilakukan secara online dan  berbasis jaringan internet untuk melakukan aktivitas jurnalistik. Jurnalisme online adalah jurnalisme yang doproduksi yang didistribusikan melalui WWW (World Wide Web). Terdapat berbagai jenis jurnalisme online, dan dapat ditempatan di antara dua domain. Pertama, editorial content yang berarti teks yang dibuat dan diedit oleh jurnalis. Kedua, melihat komunikasi partisipatoris yang terbagi menjadi dua, yaitu terbuka dan tertutup. Terbuka berarti pengguna bebas berkomentar, sedangkan tertutup berarti pengguna dibawah kontrol dan pengawasan.

Terdapat empat jenis jurnalisme online menurut Mark Deuz (dalam Widodo,2019:22-23)

1. Mainstream News Sites

Situs berita mainstream merupakan bentuk yang paling tersebar luas. Partisipatorinya bersifat tertutup. Contoh yang ada di Indonesia adalah detik.com.

2. Index Category Sites

Jenis ini berkitan dengan mesin pencarian atau search engines seperti Yahoo, perusahan riset pemasaran atau agensi, dan individu sebagai pelaku usaha.

3. Meta and Comment sites

Situs media berita yang berisi isu-isu bersifat umum. Kadang dimaksud sebagai pengawas media, kadang dimaksud situs indeks yang diperluas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x