Mohon tunggu...
Ely Ramadanti
Ely Ramadanti Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar

Ingin terus berkelana

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Pendaki Pemula dan Latihannya

15 Agustus 2022   23:00 Diperbarui: 15 Agustus 2022   23:15 91 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apa yang terlintas difikiran kalian tentang mendaki gunung? Yups, bagi pencinta alam dan penyuka tantangan tentu menarik. Namun sebagian orang dengan sangat yakin menolak ajakan mendaki gunung bahkan sebelum kita menyebutkan tujuannya. Alasan yang sering diutarakan adalah gak mau ribet dan gak mau capek. Namanya mendaki capek itu pasti, kalau masalah ribet tergantung masing-masing orang dibawa ribet atau dibawa santai.

Buat kalian yang tertarik untuk mendaki namun masih ragu dengan kekuatan fisik ataupun keselamatan yang lainnya, semoga tips-tips ini dapat membantu kalian menumbuhkan keyakinan hingga akhirnya kalian memutuskan untuk menjadi seorang pendaki.

1. Untuk pendaki pemula pastikan kalian mendaki dengan kelompok yang setidaknya ada satu atau dua orang teman dekat atau orang yang kalain percaya. Karena mendaki adalah perjalanan penuh rintangan, setidaknya bersama teman dekat atau orang yang dipercaya akan mudah melewatinya.

2. Latihan fisik tentu sangat diperlukan bagi pendaki pemula. Bagi kalian yang sudah terbiasa olahraga seharusnya sudah tidak ragu lagi dengan kekuatan fisik. Bagi yang jarang berolahraga saya sarankan untuk latihan fisik terlebih dahulu sebelum mendaki. Joging menjadi pilihan yang tepat, bisa dilakukan kurang lebih selama satu minggu sebelum pendakian. Tapi pastikan tetap pada porsinya agar tidak drop saat akan mendaki.

3. Menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk mendaki. Barang bawaan mendasar untuk dibawa saat mendaki gunung adalah logistik, penghangat tubuh, penerangan, pertolongan pertama, pelindung diri termasuk pelindung disaat hujan dan tanda pengenal. Mengenai barang bawaan kelompok maupun pribadi biasanya akan diarahkan oleh ketua rombongan atau mereka yang sudah berpengalaman dalam rombongan tersebut.

4. Usahakan mendaki dengan rombongan yang setidaknya ada satu atau dua orang yang sudah pernah mendaki ke gunung tersebut. Atau kalaupun tidak ada, setidaknya sudah berpengalaman di dunia pendakian.

5. Sebelum mendaki usahakan jangan malah mencari tau tentang hal mistis yang ada di gunung tersebut. Hal ini ditakutkan akan memberi sugesti buruk kepada kalian saat mendaki. Cukup dengarkan dan patuhi arahan penjaga pos pendakian sebelum memulai mendaki.

6. Sebelum mendaki pastikan meminta dan mendapat izin orangtua. Karena sekali lagi pendakian adalah perjalanan panjang penuh rintangan. Dengan restu orangtua hati akan menjadi lebih tenang selama melakukan pendakian.

7. Pilihlah gunung yang tidak terlalu tinggi dan memiliki trek yang tidak terlalu panjang dan berat bagi pemula. Jika kalian tinggal di daerah Malang, bisa mencoba mendaki gunung Panderman dengan ketinggian 2.045 mdpl atau Penanggungan dengan ketinggian 1.653 mdpl.

Beberapa tips diatas semoga bisa membantu kalian yang tertarik pada dunia pendakian. Banyak hal yang akan kalian dapatkan di pendakian. Mulailah terlebih dahulu agar kalain tau betapa indah alam ini, tanah air kita tercinta Indonesia.

Atau bagia kalian pendaki pemula akan lebih mudah jika bergabung dalam open trip pendakian yang terpercaya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan