Mohon tunggu...
Ely Isnaeni Nur Hidayah
Ely Isnaeni Nur Hidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ely Isnaeni Nur Hidayah. Perempuan kelahiran Kebumen, Jawa Tengah. Saat ini, ia sedang menempuh pendidikan di IAIN Salatiga di Fakuktas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Perempuan, Baca Buku Ini Ketika Kamu Merasa Lelah Belajar!

4 September 2021   20:32 Diperbarui: 4 September 2021   20:44 102 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perempuan, Baca Buku Ini Ketika Kamu Merasa Lelah Belajar!
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Zaman dahulu, perempuan memiliki batas-batas yang sulit untuk digenggam olehnya, seperti halnya pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai hal yang tak penting karena anggapan bahwa tempat perempuan hanyalah di dapur. Saat itu, perempuan tak diberikan tempat pada pendidikan. 

Hingga kemudian, lahirlah para perempuan hebat dengan pemikirannya yang menghapus stigma tersebut. Kita mengenal banyak sekali pejuang perempuan seperti Raden Ajeng Kartini, Cut Nyak Dien, Rahmah El Yunusiyyah, Dewi Sartika dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana dengan kondisi perempuan di masa sekarang?

Ya, hari ini, perempuan telah memiliki tempat di berbagai bidang. Kontribusinya tak dibatasi dengan gender selama ia memiliki kemampuan. Untuk melihat kontribusi perempuan, akan saya rekomendasikan kisah perjalanann para perempuan yang telah berkiprah di setiap bidangnya melalui melalui buku memoarnya,

1. Sebentang Kearifan dari Barat

Buku ini merupakan buku karya Oki Setiana Dewi yang menceritakan tentang perjalanannya selama mendapatkan beberapa beasiswa di Australia, Jerman, dan Spanyol. Kenapa kamu harus baca buku ini? Ya, karena buku ini memuat kisah perjalanannya yang inspiratif selama beliau mendapatkan beasiswa di luar negeri. 

Buku ini tak hanya menceritakan tentang bagaimana perjalanannya selama di sana, tetapi juga menceritakan gambaran tentang interaksinya dengan penduduk non-muslim di negara barat. Ada hal yang menarik dari kisahnya, yaitu semangat belajarnya yang begitu membara, dalam perjalanannya itu beliau sedang dalam keadaan mengandung anak ketiganya.

MasyaAllah, hebat bukan? Perempuan pun bisa berkontribusi

Tak hanya itu, seluruh hasil penjualan buku sebentang kearifan dari barat ini juga beliau gunakan untuk pembangunan Masjid Sevilla. Berkiprah di bidang pendidikan, juga dalam aksi kemanusiaan begitulah gambaran Oki Setiana Dewi dalam buku ini.

Jadi, apakah kamu sudah membaca buku ini?

2. My Wonderful Journey With Quran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan