Mohon tunggu...
Elya Dz Azizah
Elya Dz Azizah Mohon Tunggu... Elya Dzurrotul Azizah

nama saya Elya Dzurrotul Azizah, biasa dipanggil Lia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sepertinya Aku Pernah Mengenal

18 Maret 2020   20:52 Diperbarui: 18 Maret 2020   20:59 11 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sepertinya Aku Pernah Mengenal
ldmedia.be

Hai sobat, yang masih setia membaca, mari kita simak percakapan singkat berikut ini. "Repin, kayaknya aku pernah mencium bau ini deh" kata Yana sambil mengingat-ingat. 

Repin yang masih sibuk memilih parfum tidak terlalu menanggapi perkataan Yana. "Oiya aku ingat, ini bau parfum seperti yang dipakai Dani kayak biasanya" kata Yana sambil tersenyum puas.

Setelah kalian menyimak percakapan tersebut, pasti kalian sering mengalami seperti yang Yana alami bukan? Yaitu mengingat-ingat sesuatu yang sebelumnya pernah terjadi dan kalian mengalami lupa sementara, ya meskipun yang kalian alami bukan bau, akan tetapi bisa panca indra lainnya. 

Tahukah kalian, masa tersebut dinamakan masa retrieval, dimana kalian akan mengulang kembali informasi yang pernah tersimpan oleh otak. Masa tersebut merupakan masa ketiga dalam tahapan teori pemrosesan informasi.

Dalam tahap pemrosesan informasi terbagi menjadi 3 tahap, yakni: tahap pertama disebut masa encoding atau bisa disebut pengkodean. Pada tahap ini informasi awal mula didapat, tidak hanya melalui indra penglihatan saja, akan tetapi dari 5 panca indra, yakni indra penglihatan, indra penciuman, indra peraba, indra pengecap, dan indra pendengaran.

Tahap selanjutnya yaitu storage, atau bisa disebut penyimpanan. Setelah melewati tahap encoding, selanjutnya informasi akan diolah ke otak. Bisa jadi otak mengolah menjadi ingatan jangka pendek atau jangka panjang. 

Tergantung, jika ia sering mengulang-ulang maka akan masuk pada ingatan jangka panjang. Seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Pada tahap terakhir yaitu tahap retrieval, seperti yang saya jelaskan dicontoh tadi. Yaitu berupa pengulangan dari informasi yang sudah masuk pada otak untuk dikeluarkan kembali informasi tersebut.  

Sekarang kamu sudah tau bukan, bagaimana otak memproses informasi. Semoga bermanfaat

VIDEO PILIHAN